Profile
Kesehatan A-Z

luka

luka
Surabaya

Dok, saya mau tanya kenapa luka(lecet) dikaki saya dulu cepat mengiring dgn sendirinya tapi akhir-akhir ini luka itu kering tapi didalamnya ada nana'nya dan stiap luka(lecet) pasti terjadi kyk gtu keluar nana ? mohon bantuannya, Dan obat/salep apa yg harus dibeli

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, selamat pagi.

    Tentu ada keterangan-keterangan lain yang harus diketahui dari Anda sebelum dapat dijawab pertanyaan tersebut, misalnya berapa usia Anda, berapa tinggi dan berat badan Anda, bagaimana status kesehatan Anda selama ini, apakah ada gangguan kesehatan yang dialami, misalnya penyakit kencing manis, serta yang tak kalah penting, yaitu bagaimana cara Anda membersihkan dan merawat luka tersebut?

    Jika diasumsikan selama ini Anda sehat, berarti faktor yang berpengaruh adalah perawatan luka Anda yang mungkin saja kurang bersih. Sebaiknya, setiap luka tersebut dibersihkan dengan air steril. Bila tidak ada, dapat menggunakan air yang telah direbus. Lalu, dapat dioles dengan obat merah. Tutup luka tersebut dengan kasa. Hindari terpapar udara luar karena dapat memperlambat proses penyembuhan dan risiko terkena debu atau pun kuman lain yang dapat menyebabkan infeksi.

    Pada kasus Anda dapat dilakukan perawatan luka seperti diatas. Mengenai pemberian salep antibiotik, silahkan berkonsultasi dengan dokter karena memang tidak dapat langsung memberikan obat tanpa didahului pemeriksaan.

    Semoga membantu.

  • Umur saya masih 17 tahun jalan
    tinggi/berat badan 165/55
    Keadaan saya sehat-sehat aja dan normal, saya anak'nya aktif lebih byk diluar ruangan, selama ini luka itu selalu saya kasih salep gentamicin, jadi luka itu ada yg kering(sembuh) ada yg gak 50:50

  • Halo Fanadi

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga diketahui penyebab mengapa luka anda sulit mengering dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Luka adalah hilang atau pun rusaknya sebagian dari jaringan tubuh. Proses penyembuhan luka terjadi secara normal tanpa bantuan, walaupun beberapa bahan perawatan dapat membantu untuk mendukung proses penyembuhan.

    fase penyembuhan luka memiliki beberapa tahap.

    1. Fase Inflamasi
    Fase inflamasi ini akan berlangsung sejak terjadinya luka sampai kira – kira hari kelima. Pembuluh darah yang terputus pada luka yang diderita tersebut akan menyebabkan perdarahan dan tubuh dalam hal ini akan berusaha menghentikannya dengan cara vasokonstriksi, pengerutan ujung pembuluh yang putus (retraksi), dan reaksi hemostasis.

    2. fase proliferasi
    fase ini berlangsung dari akhir fase inflamasi sampai kira – kira akhir minggu ketiga.

    3. Fase Penyudahan (Remodelling).
    Pada fase ini terjadi proses pematangan yang terdiri dari penyerapan kembali jaringan yang berlebih, pengerutan sesuai dengan gaya gravitasi, dan akhirnya perupaan kembali jaringan yang baru terbentuk. Fase ini dapat berlangsung berbulan – bulan dan dinyatakan berkahir kalau semua tanda radang sudah lenyap. Tubuh berusaha menormalkan kembali semua yang menjadi abnormal karena proses penyembuhan.

    adapun proses perawatan yaitu dengan melindungi area yang luka bebas dari kotoran dengan menjaga kebersihan dan hal ini tentunya akan sangat membantu untuk meningkatkan penyembuhan jaringan yang telah rusak atau mengalami luka.

    jikia luka anda tidak kunjung sembuh sebaiknya anda melakukan peneriksaan kedokter guna mengetahui penyebab luka anda yang tak kunjung sembuh.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif