Profile
Luka Bakar

Luka Kecelakaan 10 Hari Belum Kering

Luka Kecelakaan 10 Hari Belum Kering
Ciputat Tangerang Selatan

Luka kecelakaan terbentur trotoar, gores di bagian muka kaki kiri. bengkak dan nyeri juga Luka kecelakaan sudah 10 Hari belum kering. Nyeri sudah berkurang. Sudah mengikuti arahan dokter, antibiotik, minum obat, olesi salep tiga kali sehari. Kalau tidak beraktivitas dibuka saja kasa perbannya. Seminggu kering, saya cek lgi k puskemas, ditutup kasa lagi, dan besoknya baru boleh dibuka, pagi-pagi mengelupas dan luka kelihatan lagi.

Answers

3 answers

  • Halo selamat pagi

    Apakah anda rutin melakukan rawat luka pasca kecelakaan?

    Pasca terjadinya suatu perlukaan pada kulit atau jaringan di bawah kulit maka akan terjadi reaksi peradangan atau inflamasi sebagai respon normal tubuh untuk regenerasi sel-sel atau jaringan yang tadinya mengalami perlukaan. Tanda-tanda peradangan tersebut yaitu terasa hangat (kalor), perubahan warna jadi kemerahan (rubor), nyeri (dolor), pembengkakan (tumor) fungsi jaringan menjadi terganggu (fungsio laesa). Jadi bengkak dan nyeri yang dialami bisa merupakan akibat peradangan. Hal tersebut wajar terjadi setelah adanya perlukaan akibat kecelakaan.

    Lamanya peradangan yang terjadi tergantung dari berapa luas jaringan yang mengalami perlukaan. Umumnya dalam waktu 7-10 hari maka perlukaan di kulit sudah mulai menyembuh dan menyatu serta tampak mengering.

    Hal yang dapat anda lakukan agar penyembuhan luka cepat terjadi adalah rawat luka rutin. Untuk rawat luka, anda dapat melakukannya sesuai dengan anjuran yakni rutin setiap 2 hari sekali. Selain itu kebersihan area sekitar luka juga harus dijaga kebersihannya dan jangan dulu terkena air. Juga disarankan konsumsi banyak makanan yang mengandung protein tinggi misal putih telur dan juga vitamin c untuk mempercepat penyembuhan luka.

    Akan tetapi, jika pembengkakan luka tidak kunjung membaik disertai dengan luka berair tidak mengering, tetap basah, ada yang mengeluarkan nanah, berbau, baru memerlukan penanganan khusus dan anda dapat memeriksakannya kembali ke dokter. Oleh karena bengkak pada luka anda disertai pula gejala luka tidak kering, maka sebaiknya dikonsultasikan kembali ke dokter agar diberikan terapi yang sesuai.

    Terimakasih

  • Apakah olesan salep (Bufacetin Chloramphenicol) 3 X sehari sudah benar.
    Sekitar 1-2 jåm olesan salep di luka tadi menguning padat dan berlendir. Apakah itu nanah? Perlu dibersihkan pake kasa lalu disalep lagi?

  • Selamat pagi Saudara

    Saran pemberian salep yang dokter anda berikan sudah benar. Sebaiknya bersihkan dahulu luka dengan kassa dan NaCl sebelum mengoleskan salep kembali pada luka anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Luka Bakar ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya