Profile
Kesehatan Pria

Mani tidak tertembak jauh dalam jumlah banyak?

Mani tidak tertembak jauh dalam jumlah banyak?
Jakarta, Indonesia

Kadang-kadang saat beronani penis saya mampu berejakulasi menembakkan cairan mani dalam jumlah cukup banyak hingga jarak yang cukup jauh (pernah mencapai satu meter lebih). Di lain waktu, ejakulasi tidak berlangsung seperti dua hal di atas. Apa penyebabnya, Dok?

Answers

3 answers

  • Selamat siang

    Saat mengalami orgasme, pria akan menyemburkan sperma dengan kekuatan dan kecepatan yang beragam. Kekuatan ejakulasi ditentukan oleh usia dan kebugaran fisik. Usia muda tapi kebugaran fisik buruk tidak akan kuat daya ejakulasinya.

    Daya ejakulasi yang diperlukan untuk mengeluarkan sperma, ditentukan oleh kekuatan kekejangan (kontraksi) otot-otot sekitar kelamin pada saat pria mencapai orgasme. Kekuatan kekejangan otot ini dipengaruhi oleh intensitas rangsangan seksual yang diterima, frekuensi orgasme, dan keadaan kesehatan tubuh secara umum.

    Kalau rangsangan seksual yang diterima cukup dan reaksi ereksi baik, pada umumnya kekejangan otot yang terjadi pada saat orgasme terasa kuat. Daya ejakulasi kuat, sehingga semprotan sperma juga terasa kuat. Namun, jika rangsangan seksual tidak cukup diterima, sehingga ereksi tidak cukup baik, kekejangan otot saat orgasme juga tidak kuat. Akibatnya, daya ejakulasi terasa lemah.

    Bila frekuensi orgasme sering (seperti pecandu onani), acapkali kontraksi otot yang terjadi pada orgasme terakhir terasa lebih lemah dibandingkan sebelumnya. Akibatnya, semprotan sperma juga terasa lebih lemah. Namun, bila frekuensi orgasme lebih jarang, kontraksi otot akan terasa lebih kuat. Dengan demikian, semprotan sperma juga akan terasa lebih kuat.

    Keadaan kesehatan tubuh secara umum juga berpengaruh terhadap kontraksi otot pada saat orgasme. Bila tubuh lemah, misalnya karena salah satu penyakit, kontraksi otot saat orgasme kurang kuat, daya ejakulasi pun akan terasa lemah. Namun, bila keadaan kesehatan tubuh baik, kontraksi otot saat orgasme dan semprotan sperma akan terasa kuat.

    Semoga membantu

  • Apakah memungkinkan terjadi kasus di mana daya ejakulasi tetap kuat tetapi sperma hanya keluar sedikit karena produksi spermanya yang tidak baik?

  • Selamat sore

    Sperma yang berkualitas memenuhi ketiga kriteria dibawah ini, yaitu :

    Mempunyai jumlah yang cukup.
    Memiliki kemampuan bergerak yang baik, yakni minimal 40 % dari sperma dalam air mani mampu bergerak, dan sekitar 25 % jumlah sperma memiliki gerakan maju yang cepat.
    Memiliki bentuk yang normal, minimal 30 % dari total jumlah sperma. Bentuk yang normal akan mendukung gerakan sperma maju ke depan menuju sel telur untuk kemudian terjadi pembuahan dan kehamilan.

    Pancaran yang lemah bukan merupakan faktor yang menentukan kualitas sperma.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Pria ?
Ask Doctor
pneumonia adalah istilah umum untuk infeksi paru-paru dengan gejala batuk dan demam. Gejala Pneumonia Pada Bayi yang Perlu Anda Waspadai Jika Anda sulit mempunyai keturunan, kemungkinan tujuh faktor ini penyebabnya Deteksi 7 Penyebab Sulit Hamil