Profile
Hamil

masa subur itu hari keberapa setelah haid ya??

masa subur itu hari keberapa setelah haid ya??

Saya kb suntik 3 bulan selama 7 thun, dri bulan januari 2017 kmrn baru saya lepas kb dan tgl 02 bulan mei 2017 saya mens sampai slsai tgl 07,,nah tgl 19 nya saya kok mens lagi ya dok nah smpk tgl 23,, dapet lg tgl 4 bln juni smpk tgl 7 trs td pagi kluar lagi sedikit darahnya,, itu saya knp ya dok,, saya blm siap hamil lg dok, apakah itu masa subur? dan gimana cara ngitung masa suburnya?

Answers

5 answers

  • Selamat malam

    Salah satu efek samping KB suntik ialah gangguan perdarahan haid yang dapat berkisar dari perdarahan yang tidak teratur, perdarahan yang banyak, perdarahan yang semakin sedikit, perdarahan jarang atau lebih sering sampai terhentinya haid sama sekali. Oleh karena itu perdarahan yang anda alami kemungkinan adalah suatu efek samping dari kb suntik yang anda gunakan. Efek samping ini wajar terjadi selama jangka waktu penggunaan kb ini hingga 2-3 bulan pasca stop kb suntik.

    Akan menjadi sulit menentukan kapan masa subur terjadi bila siklus menstruasi tidak teratur yang bisa disebabkan karena pasca berhenti suntik kb. Jika siklus menstruasi tidak teratur, maka harus dilakukan pengamatan siklus menstruasi selama 6 bulan terakhir untuk menentukan perhitungan perkiraan masa suburnya dari siklus terpendek dan terpanjang. Akan tetapi, anda dapat mengamati terjadinya mass subur dengan cara mengamati gejala yang muncul seperti timbul lendir warna bening konsistensi seperti putih telur bila saat diregangkan dengan dua jari, lendir tersebut tidak mudah putus. Saat keluar lendir tersebutlah berarti sedang masa subur.

    Terimakasih

  • Dok saya mau nanya ni

    Aku kmren ikut kb 1 buln. Tpi bru aja slsai kb nya. Stelah itu saya haid. Pas Slesai haid 3hri sya brhbungn bdan dengan suami saya. Tiba2 kluar darah tapi bentar. Trus hari2 ini saya mrsa pusing dan lelah. Apakah saya hamil. Mhon jwabannya dok mksih

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam...
    Berdasarkan penjelasan ibu ida, ada beberapa kemungkinan penyebab keluarnya darah dari kemaluan antara lain
    - kurangnya lubrikasi di vagina dapat menyebabkan lecet pada dinding vagina sehingga menyebabkan perdarahan. Perdarahan yang muncul sifatnya sedikit dan tidak berlangsung berhari-hari, diikuti rasa nyeri.
    - menstruasi belum selesai
    - adanya penebalan dinding rahim, polip serviks, kanker serviks
    Pada awal kehamilan juga dapat muncul keluhan keluar darah dari kemaluan, namun perdarahan ini hanya berupa flek saja dan tidak berlangsung berhari-hari, hal ini terjadi karena penempelan hasil pembuahan ke dinding rahim. Keluhan mudah lelah dapat dialami oleh ibu hamil namun bukan merupakan tanda pasti kehamilan. Tanda pasti kehamilan dilihat dari pemeriksaan USG terlihat janin dan kantong kehamilan.

    Jika keluhan terus berlangsung sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

  • Dok, saya baru nikah 3 hari, nah di hari pertama saya tidak menggunakan pil KB tapi setelah itu pagiĀ² saya melakukan hubungan intim lagi dengan suami saya, nah dari situ saya pake pil, trus di hari besok saya tidak melakukan hubungan intim lagi dengan suami, lalu saya melakukan hubungan intim lagi dengan suami saya, dan malam ini pun saya melakukan hubungan intim lagi, apakah bisa terjadi pembuahan tidak dok? Saya tidak mau punya anak terlebih dahulu
    Terimakasih dok,
    Dewinda

  • Selamat malam Ibu

    Kehamilan akan terjadi jika ada pertemuan antara sel sperma dengan sel telur. Kemungkinan hamil akan semakin besar jika melakukan hubungan seksual saat masa subur dan dilakukan ejakulasi dalam vagina. Sehingga tentu tetap ada kemungkinan hamil pada kasus anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan