Profile
Hamil

masa subur itu hari keberapa setelah haid ya??

masa subur itu hari keberapa setelah haid ya??

Slm,dok istri sy siklus haidnya 28 hari sekali bln ini haidnya tgl 23 kira² masa suburnya kapan?mhon d jelaskn Lalu jika frekuensi buang air kecil nya meningkat itu tandanya hamil atw bkn???

Answers

1 answers

  • dr. Rizka Amelia dr. Rizka Amelia Dokter Umum

    Selamat siang,


    Masa subur Anda berkisar di sekitar waktu ovulasi, kira-kira dalam lima hari sebelum ovulasi terjadi. Umumnya masa subur wanita adalah 12 – 16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dalam kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Hal tersebut berlaku bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur 28 hari. Namun, bila siklus Anda berbeda, Anda dapat coba mempelajari dan menghitung kapan masa subur Anda.
    Berhubung karena siklus menstruasi Anda 28 hari maka masa subur istri Anda sekitar hari ke-10 sampai hari ke-17, itu tanggal 4-11 November.
    Sementara peningkatan frekuensi BAK tidak hanya disebabkan oleh kehamilan, tapi banyak hal lain yang juga dapat menyebabkannya, seperti :
    A. infeksi saluran kemih, ini adalah dugaan tersering seseorang yang mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil oleh karena insidensnya yang sering terjadi. Infeksi saluran kemih dapat terjadi oleh banyak hal seperti salah arah ketika cebok pasca BAB yang mengakibatkan tersapunya kotoran ke arah lubang kencing. Pada dasarnya membawa kuman baik dari vagina atau anus ke daerah lubang kencing, apapun mekanismenya, entah melalui hubungan seksual, atau saat cebok, akan meningkatkan risiko buang air kecil
    B. batu pada saluran kemih
    C. penyakit diabetes
    D. konsumsi obat-obatan diuretik
    E. konsumsi sesuatu yang mengandung kafein seperti minuman kopi, teh, dan lain sebagainya
    F. gangguan panik dan cemas
    G. terlalu banyak minum
    H. tumor atau stroke otak pada bagian pusat buang air kecil

    Idealnya membuktikan seseorang menderita infeksi saluran kemih atau tidak ialah dengan pemeriksaan kencing secara laboratorium. Dari situ dapat dibuktikan apa yang menyebabkan masalah pada sistem kemih Anda. Perhatikanlah jumlah cairan yang masuk dalam tubuh Anda, dan hindarilah makanan/minuman yang dapat memicu buang air kecil berlebih. Bila kondisi terus berlanjut, maka Anda tetap harus kembali memeriksakan diri pada dokter.

    Sekian semoga membantu. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa? Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui