Profile
Keringat Berlebih (Hyperhidrosis)

Mau tanya dok

Mau tanya dok

Siang dok, saya mau tanya.. kenapa bagian perut, dada dan leher aku terasa dingin dan keluar keringat ? Apa itu karna sakit typus ? Soalnya baru pemulihan dari sakit typus dok.., thanks dok

Answers

1 answers

  • selamat siang

    Keluhan nyeri di dada, nyeri perut, sensasi detak jantung berdebar, sakit kepala, dan lemas serta mual dapat disebabkan oleh kondisi ringan seperti sakit maag yang dipicu oleh kebiasaan mengkonsumsi kopi/teh dalam jumlah yang berlebihan, mengkonsumsi alkohol, merokok, mengkonsumsi makanan pedas, pola hidup yang tidak sehat, efek samping obat-obatan tertentu dan serangan panik.

    Biasanya bila penyebabnya ringan, keluhan mungkin dapat hilang timbul, namun dapat membaik dengan sendirinya.

    Namun bila keluhan yang Anda alami amat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, sulit membaik dengan sendirinya, waspadai kondisi medis lain yang lebih serius, seperti :

    Hipertiroid, gangguan kelenjar tiroid.
    Masalah jantung atau gangguan irama jantung/aritmia.
    Masalah saluran pernafasan.
    Anemia yang tidak tertangani dengan baik, yang menyebabkan jantung memompa lebih kuat sehingga sehingga muncul keluhan rasa tidak nyaman di dada dan sesak nafas.
    Gangguan kadar elektrolit dalam darah.

    Bila Anda sudah melakukan pemeriksaan medis dengan Dokter dan tidak ditemukan kondisi medis yang perlu penanganan khusus. Anda boleh melakukan pemeriksaan medis untuk mencari opini kedua ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Gangguan pencernaan kadang dapat dirasakan seperti sensasi berdebar-debar, biasanya disebabkan oleh GERD. Bila kambuh, akan bersamaan dengan keluhan mual, lemas, sensasi ingin pingsan, sakit perut dan sering sulit dikenali keluhan berasal dari masalah pencernaan.

    Lakukan beberapa penanganan mandiri untuk meredakan keluhan Anda:

    Beristirahat dalam ruangan yang nyaman bila keluhan-keluhan yang Anda alami datang. Cobalah tutup mata Anda dan lakukan beberapa teknik relaksasi, kemudian menarik dan membuang nafas dengan menghitung 10 x. Posisikan diri Anda dalam kondisi senyaman mungkin.
    Mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup dan makan di jam makan dengan teratur. Makan dengan teratur membantu Anda mempertahankan kadar gula dalam darah agar selalu normal/tidak terlalu rendah .
    Hindari situasi, makanan maupun minuman yang sekiranya memicu keluhan Anda. Hindari sebisa mungkin pemicu keluhan Anda.
    Jalankan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi Seimbang, berolahraga rutin, beristirahat cukup di malam hari (minimal 7 jam), dan mengelola stress dengan bijaksana. Kondisi tubuh yang sehat akan mengurangi keluhan tubuh yang Anda rasakan.

    Untuk menentukan secara pasti apa penyebab dan diagnosis kondisi yang Anda alami, sebaiknya lakukan konsultasi langsung dengan Dokter.

    sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Keringat Berlebih (Hyperhidrosis) ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif