Profile
Hamil

Mencegah kehamilan setelah berhubungan intim

Mencegah kehamilan setelah berhubungan intim
Pontianak

Selamat malam dok, maaf mengganggu sebelumnya. Nama saya nana, saya ingin bertanya dok. Saya melakukan hubungan intim dengan pacar saya dikarenakan unsur paksaan oleh pacar saya. Saya melakukan hubungan intim pada pagi hari tanggal 15 januari, sekarang tanggal 16 malam. Saya masih belum siap hamil dok dikarenakan tidak ingin mengecewakan kedua orang tua dan mau membahagiakan kedua orang tua saya. Saya ingin mencegah kemahilan saya dok. Pada hari pertama saya makan nanas, dan pada hari kedua saya minum kiranti. Pertanyaannya: 1. Apakah makan nanas dan minum kiranti dapat mencegah kehamilan dok? 2. Jika makan nanas dan minum kiranti tidak dapat mencegah kehamilan, haruskah saya minum postinor? 3. Jika saya minum postinor, apakah saya dapat membelinya dengan bebas di sebuah apotek? 4. Jika saya minum postinor pada hari ketiga, berapa dosis yang harus saya gunakan agar tidak merusak rahim saya? Terimakasih banyak dan saya tunggu balasannya dok. Selamat malam.

Answers

5 answers

  • Selamat pagi Saudari

    1. Nanas dan kiranti tidak dapat digunakan untuk mencegah kehamilan.

    2. Mengenai apakah anda perlu mengkonsumsi obat untuk mencegah kehamilan sebaiknya konsultasikan hal ini secara langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

    3. Postinor merupakan obat yang harus diberikan dibawah pengawasan dokter sehingga tidak bisa dibeli bebas.

    4. Mengenai dosis sebaiknya diskusikan hal ini secara langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Saya ingin bertanya lagi dok, saya menstruasi di bulan kemarin pada tanggal 22 jumat pagi dan selesainya 3-5 setelahnya... Pertanyaannya:
    1. Apakah ketika kami melakukan hubungan intim di masa subur atau di masa tidak subur saya dok?
    2. Jika di masa subur saya apakah akan terjadi kehamilan?
    3. Jika bukan di masa subur saya, apakah kehamilan masih dapat terjadi?
    4. Jika terjadi kehamilan, di kasus saya apa yang harus saya lakukan dok?

  • Selamat pagi Saudari

    1. Untuk mengetahui masa subur anda selain hari pertama menstruasi terakhir anda juga diperlukan informasi mengenai berapa lama siklus haid anda setiap bulannya. Apakah teratur setiap 28 hari?

    2. Jika hubungan terjadi di masa subur tentu kemungkinan hamil lebih tinggi terjadi.

    3. Hubungan diluar masa subur kemungkinan hamil sangat kecil.

    4. Bila kehamilan sudah terjadi, tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk memcegahnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Siklus menstruasi saya teratur dok, setiap akhir bulan, cuman tanggal datangnya menstruasinya saja yang tidak selalu pada tanggal 22. Dan jujur saja saya tidak faham mengenai siklus 28 hari. Jadi bagaimana dok?

  • Selamat pagi..
    Siklus haid normalnya berlangsung 21-35 hari, jadi apabila siklus haid Anda maju atau mundur sedikit sebenarnya bukan masalah besar. Masa subur biasanya berlangsung 12-16 hari sebelum jadwal hari pertama menstruasi berikutnya. Untuk menentukan masa subur secara lebih akurat, Anda bisa mencatat siklus menstruasi selama 6-8 bulan terakhir, dan hitung siklus terpanjang dan terpendeknya. Contohnya sebagai berikut:

    Contoh, siklus haid Anda setelah dihitung selama 6 bulan yang terpendek adalah 27 hari, dan terpanjang adalah 30 hari.
    27 hari kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 9. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.
    30 hari kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 19. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.
    Dengan demikian jika siklus haid rata-rata Anda adalah 27-30 hari maka Anda akan subur pada hari ke 9 hingga 19 (dihitung sejak hari pertama haid)
    Tetapi perlu diingat bahwa banyak faktor yang mempengaruhi masa subur, sehingga bisa saja masa subur dan ovulasi bergeser beberapa hari. Selain dari siklus menstruasi, Anda juga bisa mengetahui masa subur dengan cara lainnya, yaitu suhu basal tubuh yang naik saat terjadi ovulasi, kram perut saat ovulasi, lendir serviks yang bening, kental, elastis, keluar lebih banyak saat masa subur dan Anda juga dapat mengetahui masa subur Anda dengan alat prediksi ovulasi yang dijual di apotek/toko obat yang cukup lengkap.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai perhitungan masa subur dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/mobile/article/perhitungan-masa-subur
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif