Profile
Kesehatan Bayi

Mengapa bayi selalu mengedan tapi tidak BAB

Mengapa bayi selalu mengedan tapi tidak BAB
Banda Aceh

Dokter, saya ingin bertanya. Pada saat bayi saya berusia 18 hari dia tidak BAB selama 7 hari, saya kira itu normal krn saya hanya memberi ASI pd bayi saya. Dan akhrnya bayi saya BAB pd hari ke 8. Tp keesokan harinya dia tidak BAB lg sampai skrng usianya 30 hari dan setiap saat selalu mengedan kuat sampai menangis, terlebih pd malam hari. Meski terus mengedan, BAB tidak pernah keluar dan ia sering sekali kentut dan kentutnya sangat berbau. Kira2 apa yg dialami bayi saya dok, bagaimana supaya BABnya lancar dan mengedannya berhenti. Terima kasih dok.

Answers

1 answers

  • Selamat malam.

    Kebiasaan BAB pada bayi dipengaruhi oleh:
    - Pola makan dan minum
    - Aktivitas
    - Seberapa cepat kemampuan tubuh bayi mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh
    Jika salah 1 faktor tersebut berubah, maka terlambat BAB mungkin dapat terjadi.

    Jika BAB kurang dari 3 kali seminggu, bentuknya lebih keras dari biasanya walaupun frekuensi tidak berubah, serta bayi terlihat kesakitan saat BAB, maka dapat dipastikan bayi mengalami konstipasi. Tanda lainnya yaitu bayi akan rewel dan menangus sambul mengangkat kakinya, serta bercak darah pada popok bayi pada kasus yang parah.

    Peralihan dari pemberian ASI menuju susu formula rentan menyebabkan bayi konstipasi. Hal ini wajar terjadi mengingat kandungan gizi antara ASI dan susu formula berbeda.

    Oleh karena itu, harus bijak dalam memilih susu formula untuk bayi. Selain menganalisis kandungan yang ada di dalam masing-masing susu formula, Anda juga harus memperhatikan juga bagaimana respons tubuh bayi Anda.

    Penyebab lain bayi konstipasi:
    - Makanan padat
    - Dehidrasi
    - Kondisi media tertentu, seperti hipotiroid, alergi makanan, gangguan sistem pencernaan dari lahir, dll

    Beberapa anjuran untuk mengatasi konstipasi pada bayi:
    - Membuat bayi jadi lebih aktif
    - Memijat bagian bawah pusar bayi, yaitu sekitar 3 jari dari pusar dengan lembut
    - Mengganti susu formula dengan merk berbeda
    - Memandikan dengan air hangat
    - Mencukupi kebutuhan cairan pada bayi

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan