Profile
Kesehatan A-Z

Mengatasi keputihan yang gatal

Mengatasi keputihan yang gatal

Dok saya mau tanya, saya menggunakan pil kb menyusui dan setelah lama 2 bulan sya tdk menstruasi kemaren sya sempat menstruasi, tidak lancar hanya keluar bercak2 dara tp di ikuti lendir putih yg jumlahnya banyak dan terasa gatal sekali. Gmn ya dok cara mengatasinya. Lendir putih bening tdk berbau tp sangat terasa gatal. Berbahayakah dok?

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Secara normal cairan vagina diproduksi oleh tubuh untuk membersihkan organ intim. Pada kondisi tertentu produksi cairan vagina dapat meningkat, seperti menjelang menstruasi, saat ovulasi, dalam kehamilan, ataupun saat wanita terangsang secara seksual. Cairan vagina yang normal adalah yang tidak berwarna (bening atau putih), tidak berbau, dan tidak disertai rasa gatal atau nyeri. Keputihan yang disertai rasa gatal merupakan hal yang tidak normal. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:

    Vaginosis bakterial (infeksi oleh bakteri)
    Kandidiasis/infeksi jamur
    Gonore
    Trikomoniasis
    Klamidia
    Vaginitis (peradangan pada vagina)
    Penggunaan bahan/produk yang mengiritasi
    dan sebagainya

    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti tes cairan vagina, tes darah, dan sebagainya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil