Profile
Hamil

Mengenai pil kb

Mengenai pil kb
Lumajang

Pagi dokter, saya ibu dari 2 anak. Anak terakhir saya laki2 berumur 1,5 tahun. Karna kb suntik saya flek terus baik yg 1/3 bulan saya memilih minum pil kb, setiap hari dan jam yg sama pasti saya minum sudah 3 bulan ini, bulan desember saya haid seperti biasa tpy bulan januari ini seharusnya saya haid tgl 3/4 saya tidak haid, karna penasaran keesokan harinya saya testpeck hasilnya positif, tapi saya tidak mengalami morning sicknes seperti 2 kehamilan sebelumnya. Pertanyaannya : 1. Apakah bisa terjadi kegagalan pada pil kb yg saya minum 2. Apakah ada opsi lain selain kuret jika saya tidak ingin melanjutkan kehamilan saya ini. 3. Karna dokter spesialis kandungan jauh dari tempat tinggal saya, apakah dibidan juga ada prosedur kuret dan berapa kira2 biayanya dok. Mohon di jawab dok, karna saya bingung dan sulit tidur karna saya blum siap menambah momongan mengingat putra saya terlalu kecil.

Answers

3 answers

  • Selamat pagi

    Pil KB adalah alat kontrasepsi oral yang mengandung hormon sintesis untuk mencegah terjadinya kehamilan. Dengan cara mencegah terjadinya ovulasi setiap bulan, juga membuat serviks atau leher rahim menghasilkan lendir yang lebih sedikit, namun lebih tebal, sehingga sperma tidak mudah masuk ke dalam rahim. Selain itu, lapisan dalam dinding rahim menjadi lebih tipis, sehingga meski terjadi pembuahan sel telur oleh sperma, hasil pembuahan tersebut tidak dapat menempel pada dinding rahim.

    Pil KB memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi sekitar 99% untuk mencegah kehamilan. Meski amat kecil, namun memang ada kemungkinan kamu tetap bisa hamil saat menggunakannya. Terdapat beberapa faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko kamu hamil jika pil KB tidak digunakan dengan benar.

    Cara Menyimpan yang Salah
    Untuk menghindari kamu mengalami kegagalan dalam menggunakan pil KB, simpan pil KB pada suhu kamar, dan menghindari dari udara yang lembap dan panas. Pil juga harus disimpan dalam kemasan aslinya, pil yang sudah dikeluarkan dari kemasan, sebaiknya segera dikonsumsi.
    Tidak Mengonsumsi Tepat Waktu
    Konsumsi pil KB, sebaiknya pada waktu yang sama setiap hari. Lupa atau tidak minum pil pada waktu yang sama dapat meningkatkan risiko terjadinya kehamilan. Pil KB dirancang untuk mempertahankan kadar hormon secara konstan pada tubuhmu. Jika kamu melewatkan satu dosis saja, maka kadar hormon bisa saja mengalami perubahan.
    Konsumsi alkohol berlebihan
    Efek mabuk dari konsumsi alkohol yang berlebihan, dapat membuat sebagian wanita lupa mengonsumsi pil KB tepat waktu.
    Muntah Setelah Minum Pil KB
    Hal ini dapat membuat tubuh belum memiliki cukup waktu untuk menyerap hormon yang ada dalam pil KB.
    Konsumsi bersama dengan Obat dan Suplemen Lain
    Konsumsi pil KB bersamaan dengan obat lain, dapat membuat pil tidak efektif. Sebagian besar antibiotik aman dikonsumsi bersama dengan pil KB, tetapi tidak untuk rifampisin, salah satu jenis obat anti tuberkulosis ini dapat menghambat kerja pil KB. Obat lain yang dapat mengganggu kerja pil KB adalah obat-obatan yang berfungsi sebagai stabilisator mood, obat epilepsi dan obat HIV.

    Sebaiknya hentikan pil kb segera dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan kehamilan. Dokter yang bisa menyarankan tindakan yang dilakukan untuk anda selanjutnya.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • Saya minumnya sudah rutin setiap hari dan jam yg sama dokter, tapi mungkin pertengahan desember saya muntah aesaat setelah minum pil.
    Tapi konsultasi di bidan juga bisa kan dokter?

  • Selamat pagi ibu

    Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perlu diingat kuretase atau aborsi tanpa indikasi medis merupakan tindakan yang melanggar hukum.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui pneumonia adalah istilah umum untuk infeksi paru-paru dengan gejala batuk dan demam. Gejala Pneumonia Pada Bayi yang Perlu Anda Waspadai