Profile
Kesehatan Bayi

Menggeliat pada bayi

Menggeliat pada bayi

Selamat siang dok. Saya punya anak Usia 1bln 2hari sudah 2-3mgg ini dia selalu menggeliat. Setiap menggeliat lama sekali seperti menggedan dan muka memerah bahkan Kalau sedang tdr bisa sampai terbangun, Sudah sambil di elus2 halus Tp tetap tidak berhasil juga. Sehingga Kalau tdr Maunya di gendong trs. Saya khawatir mengganggu jam Tdrnya dok. Apakah kondisi seperti ini normal Atau ada penanganan khusus??

Answers

5 answers

  • Selamat siang

    Bayi menggeliat dan mengedan bisa menandakan beberapa kemungkinan:

    -bayi sedang meregangkan otot (ngulet) yang merupakan hal yang normal
    -bayi mengalami konstipasi atau sulit BAB
    -bayi mengalami perut kembung

    Bila bayi menggeliat dan mengedan tanpa disertai gejala-gejala lainnya, tidak menangis atau rewel, tidak tampak hal tidak normal dalam pola BABnya, dan lain sebagainya, maka kemungkinan bayi anda hanya sedang meregangkan otot saja.

    Bila anda melihat terdapat perubahan pada pola BAB bayi menjadi lebih jarang atau BAB tampak padat dan kering, maka kemungkinan bayi anda mengalami konstipasi. Bayi berusia di bawah 4 minggu, normalnya akan buang air besar minimal 3 kali sehari. Hal ini terutama pada bayi yang hanya mendapat ASI saja (ASI eksklusif), biasanya bayi akan BAB 6-10 kali sehari atau bahkan lebih sering, yaitu setiap kali bayi minum. Konstipasi pada bayi di bawah 4 minggu merupakan hal yang tidak normal dan perlu mendapat pemeriksaan dari dokter segera. Bila bayi anda mengalami konstipasi, segera bawa anak anda ke dokter anak.

    Bila bayi menggeliat dan mengedan disertai dengan sering kentut dan sering sendawa, mungkin bayi anda mengalami perut kembung.Tanda lain yang sering menyertai perut kembung adalah seringnya terjadi gumoh atau susu yang mengalir keluar dari mulut terutama saat sendawa. Perut kembung biasanya tidak menjadi masalah bagi bayi bila bayi anda tidak menjadi lebih rewel atau kesakitan karena perutnya yang kembung. Beberapa hal yang seringkali menyebabkan bayi kembung antara lain:

    -Menelan udara banyak misalnya karena bayi banyak menangis, menggunakan empeng atau pacifier
    -Minum terlalu cepat misalnya karena penggunaan dot botol susu yang ukuran lubangnya terlalu besar atau aliran ASI yang terlalu deras
    -Bayi minum susu formula. Bayi yang minum susu formula lebih sering mengalami gangguan pencernaan seperti kembung, konstipasi atau sulit BAB
    -Alergi terhadap susu yang diminum atau bila bayi anda minum ASI dapat pula terjadi alergi terhadap makanan atau minuman yang dimakan oleh ibunya (sangat jarang)
    -Terdapat jamur pada mulut bayi, yang ditandai dengan lidah dan mulut bayi tampak diselimuti lapisan putih tebal

    Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi:

    -Perbaiki posisi minum susu bayi anda, usahakan untuk memposisikan kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Posisi ini akan membuat gas lebih berada di atas saluran cerna dan lebih mundah bagi bayi anda untuk mengeluarkannya dari sendawa.
    -Sendawakan bayi anda lebih sering. Bila menyusu langsung, sendawakan setiap berganti payudara. Bila menggunakan botol, berhentilah lebih sering untuk menyendawakan bayi anda.
    -Gendong bayi anda dalam posisi tegak selama 20-30 menit setelah minum susu.
    -Bila bayi minum menggunakan botol, gantilah dotnya dengan dot yang alirannya lebih lambat.
    -Bila aliran susu anda terlalu deras , anda dapat memompa atau mengeluarkan sedikit susu sebelum memberikan pada bayi
    -Memijat perut bayi anda dengan lembut, mengangkat kaki kanan dan kirinya secara bergantian saat bayi anda berbaring, memposisikan bayi dalam posisi tengkurap, serta memandikan dengan air hangat juga dapat membantu bayi anda untuk mengeluarkan gas dalam perutnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat siang dok anak saya sekarang usia 2 bulan kurang 9 hari anak saya lahir dgn berat badan 1,8 untuk ideal berat badan anak usia 2 bulan berapa kg ya dok?

  • Selamat siang Ibu

    Apakah bayi anda lahir prematur? Berapa minggu usia kehamilan anda saat anda melahirkan bayi anda. Karena untuk menghitung berat badan ideal bayi anda perlu diketahui usia koreksi bayi anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Anak saya tidak lahir prematur dok, selama hamil tekanan darah saya tinggi jadi anak saya lahirnya kurang berat badanya? Untuk pemberian asi cuma beberapa minggu aja dok iti itu aja keluar nya dikit dam harus mompa karna puting saya tidak keluar setelah itu saya kasih sufor sampai saat ini
    Dan baru ini anak saya BABnya bisa 1 hari sampe 4 kali untuk pupnya itu berwarna kuning cerah tidak encer tidak lengket dan ada lendir cokelatnya kadang pupnya seperti biji beras berwarna kuning dan ada lendir coklaynya juga apakah itu wajar dok?
    Terimakasih ditunggu jawabannya dok

  • Selamat pagi,

    Pemantauan Kenaikan berat badan merupakan salah satu indikator pertumbuhan bayi sehingga perlu dilakukan pemantauan berkala setiap bulannya. Jika anak mendapatkan gizi yang baik, kenaikan berat badan sekitar 0,5 kg per bulannya. Berat badan bayi pada usia 5 bulan diharapkan menjadi 2 kali dari berat badan lahirnya dan pada usia 1 tahun mencapai 3 kali berat badan lahirnya. Normal Berat badan bayi laki-laki normal pada usia 2 bulan berkisar antara 4,2 - 6,9 kg (WHO). Sementara untuk bayi perempuan berbobot 4-6,5 kg.

    Anda dapat mengkonsultasikan lebih lanjut seputar diet anak anda kepada dokter spesialis anak anda.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil