Profile
Kesehatan A-Z

Menghilangkan bekas jahitan

Menghilangkan bekas jahitan

Assalamualaikum, dokyer mau bertanya, saya mengalami kecelakaan dan harus dijahit di mulut atas bacian tengaj, seiring berjalanya waktu terdapat benjolan daging yang mati rasa, (bukan keloid) seperti hyperthropic scar, apakah berbahaya jika bekas jahitan di area bibir dilakukan lader co2 untuk menghaluskan permukaan bibir? Trimakasih.

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Bekas luka apalagi di daerah wajah memang seringkali membuat tidak percaya diri. Bekas luka bisa berupa perbedaan warna dengan sekitarnya, terjadi penonjolan atau mencekung, ataupun terjadi keloid, yaitu bekas luka yang terus tumbuh hingga menebal. Lamanya bekas luka menghilang tergantung dari keparahan luka, tempat luka, juga kemampuan kulit untuk beregenerasi. Luka pada bibir, di mana bibir selalu bergerak, tentunya penyembuhannya lebih lama. Bekas luka yang tetap bertahan setelah bertahun-tahun, apa sulit untuk diobati hanya dengan obat oles yang beredar di pasaran. Bekas luka diobati tergantung dari jenisnya. Secara medis, bekas luka dapat disamarkan dengan:

    -Menggunakan krim pemutih atau penghilang bekas luka yang sudah terdaftar BPOM (sebaiknya konsultasi pada dokter)
    -Dermabrasi, yaitu suatu cara dengan mengikis penebalan bekas luka, biasanya dilakukan pada bekas luka yang menonjol
    -Mikrodermabrasi, untuk menghaluskan bekas luka
    -Suntikan steroid, untuk melunakkan bekas luka yang menebal atau keloid
    -Laser
    -Menggunakan produk yang mengandung vitamin E, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

    Untuk mengetahui terapi yang cocok untuk Anda, Anda perlu berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Di rumah sakit besar atau klinik kecantikan mungkin terdapat alat-alat yang dibutuhkan untuk membantu menyamarkan bekas luka seperti yang telah disebutkan di atas.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang cukup berbahaya, karena saat serangan jantungnya datang, sipenderita dalam kondisi bahaya. Kenali ciri-ciri nya berikut ini. Ciri-Ciri Penyakit Jantung Koroner Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat