Profile
Menstruasi

menghitung masa subur siklus 31 hari

menghitung masa subur siklus 31 hari

selamat malam dok...saya mau tanya masa subur sya kpan ya dok..jika siklus haid sya 31 hari...januari saya haid tgl 22 ..februari tgl 21 ..maret 23 dan april mundur menjadi tgl 30 ..itu kpan ya dok..mohon petunjuk..makasih

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Untuk mengetahui masa subur maka harus diketahui siklus menstruasi anda yang sebelumnya apakah teratur atau tidak teratur. Bila siklus menstruasi anda teratur sebelumnya maka perhitungan bisa jadi lebih mudah. Akan tetapi bila siklus menstruasi anda sebelumnya tidak teratur, anda harus mengingat tanggal menstruasi anda 6-8 bulan terakhir, berapakah siklus terpendek dan terpanjang siklus menstruasi anda untuk penentuan masa subur.

    Apabila diambil contoh siklus menstruasi anda teratur dengan siklus menstruasi 31 hari maka maka masa subur anda selanjutnya kira-kira dalam rentang hari ke-16 hingga 18 dari tanggal menstruasi sebelumnya tersebut.

    Anda dapat membaca artikel berikut:
    https://meetdoctor.com/mobile/article/perhitungan-masa-subur

    Namun jika siklus menstruasi anda tidak teratur, maka harus diketahui tanggal menstruasi 6-8 bulan sebelumnya. Langkah menentukan masa subur pada siklus haid tidak teratur yaitu:
    -Menentukan awal masa subur yaitu dengan cara siklus haid tersingkat dikurangi 18
    -Menentukan akhir masa subur yaitu dengan cara siklus haid terpanjang dikurangi 11

    Selain itu anda juga dapat mengamati tanda-tanda yang dialami saat masa subur yaitu:
    - Perubahan tekstur dan warna lendir
    Setiap bulan wanita akan mengeluarkan lendir yang menyerupai keputihan. Selama masa subur, lendir ini jumlahnya akan semakin banyak, teksturnya juga berubah. Hal ini disebabkan karena tubuh bereaksi dengan meningkatnya hormon estrogen di dalam tubuh. Lendir masa subur ini biasanya jernih, bening, licin, serta mulur saat wanita sedang subur. Konsistensinya mirip dengan putih telur, dan bila diregangkan dengan dua jari lendir ini tidak mudah putus.
    - Peningkatan suhu tubuh
    Wanita cenderung mengalami peningkatan suhu tubuh ketika masuk pada masa subur. Suhu ini biasa disebut dengan suhu basal. Setiap wanita punya suhu basal yang berbeda-beda. Cara mengetahuinya adalah mengukur temperatur Anda di saat hari biasa, dan di saat waktu sebelum menstruasi. Saat suhu badan tertinggi di beberapa hari dalam satu bulan, maka di situlah Anda sedang mengalami masa subur.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan