Profile
Hamil

Mengitung kehamilan yang benar.

Mengitung kehamilan yang benar.

Dok,, saya mau tanya,, saya mens tgl 25 nov 2017 dan berhenti mens tgl 5 des 2017 saya nikah tgl 8 des 2017. dan ternyata tgl 30 des saya belum mens,, akhirnya saya cba tespeck pada pagi hari ternyata ad 2 garis walaupun garis ke dua tidak setebal garis pertama.. Untuk meyakin kan saya hamil sore saya ke dokter dan saya blg kehamilan saya sudah 4 minggu lewat 5 baru,, dokter hitung dr awal mens saya tgl 25 nov 2017.. Apa hitungnny seperti itu ya dok,, sedangkan saya nikah saja bru 3 mnggu.. Bagai mana bisa hutungan sudah 4 minggu 5 hari?? Mohon penjelasannya dok?

Answers

2 answers

  • Selamat malam

    Usia kehamilan yang melebihi usia pernikahan ini adalah hal yang biasa terjadi. Hal ini dikarenakan penentuan usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Bila Anda menikah disekitar waktu pembuahan/ovulasi/keluarnya sel telur, maka kemungkinan Anda akan dapat langsung hamil. Pada kondisi ini, perhitungan usia kehamilan tetap ditentukan dari hari pertama haid terakhir Anda yang terjadi sebelum pernikahan. Sehingga tentunya baik dari perhitungan manual berdasarkan HPHT maupun dari USG akan didapatkan usia kehamilan yang melebihi usia pernikahan. Adapun penentuan usia kehamilan berdasarkan USG pada trimester pertama kehamilan biasanya memiliki akurasi/ketepatan yang tinggi. Biasanya angka kesalahan USG hanya beberapa hari-1 minggu.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • Selamat sore dok..saya mau bertanya
    sy HB dengan suami kemarin hari minggu sekitar jm 11 siang..
    suami mengeluarkan sperma didalam.
    kemudian pada hari senin jam setengah 4 sore saya minum postinor 2 sebanyak 1 tablet .dn tablet selanjutnya jm setengah 4 subuh..
    apakah itu efektif dokter bisa mencegah khamilan krn sy blm mau hamil lagi.
    dan apakah aman diminum untuk ibu menyusui?
    tolongbdi jawab dokter...
    terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat