Profile
Menstruasi

Menstruasi

Menstruasi

Dok saya belum menikah dan belum pernah melakukan hb suami istri. Saya sudah telat haid kira-kira 2 minggu. Kenapa ya dok? Biasanya saya selalu teratur dok. Mohon penjelasannya

Answers

3 answers

  • Selamat malam,

    Berikut beberapa penyebab telat haid dan cara mengatasinya:

    1. Stres
    Kondisi ini bisa memengaruhi hormon Anda, mengubah rutinitas harian tubuh, serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memicu penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda.

    2. Berat badan tidak normal
    Kemungkinan Anda akan mengalami telat datang bulan jika memiliki berat badan yang terlalu rendah. Kondisi ini bisa mengubah cara kerja tubuh sehingga menghambat ovulasi.

    Biasanya, hal ini dialami oleh kalangan yang mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Hal sama terjadi jika Anda mengalami obesitas.

    Bobot tubuh berlebihan juga bisa menyebabkan perubahan hormon yang berdampak pada siklus menstruasi Anda.

    Jika keterlambatan menstruasi disebabkan oleh hal-hal tersebut, Anda tidak perlu mengonsumsi obat telat datang bulan. Cukup ubah pola hidup Anda menjadi lebih baik seperti menjauhi hal-hal yang membuat Anda stres dan mengonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang.

    3. Penyakit tiroid
    Kelenjar yang ditemukan di leher ini menghasilkan hormon tiroid yang mengontrol pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Hormon tiroid juga memengaruhi kerja estrogen, salah satu hormon seksual sehingga siklus menstruasi pun ikut dipengaruhi.

    4. Sindrom ovarium polikistik
    Sindrom ini bisa menyebabkan tingginya tingkat hormon. Pengobatan yang sering direkomendasikan untuk mengatasi sindrom ovarium polikistik yaitu melakukan terapi hormon dengan mengonsumsi pil KB atau pil yang mengandung hormon progesteron.

    5. Tumor hipofisis
    Ini adalah kondisi ketika tumor jinak berkembang di kelenjar hipofisis atau pituitari (kelenjar di bawah otak). Adanya tumor tersebut dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berperan dalam siklus menstruasi.

    Mengatasi hal tersebut diperlukan pemeriksaan secara lengkap seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta penunjang untuk dapat memastikan diagnosa tersebut.

    Terimakasih, semoga bermanfaat

  • Malam dok saya ingin tanya saya kok stlah menikah udah 2 kali skarang ini punya riwayat sklus panjang haid padahal dulu biasa aja paling lama ya 8 hari tapi bisa jga 4 hari udah keringrtin, tapi skarang lama bahkan lbih dr 15 hari Truz darah deras dan menggumpal Gimana solusi nya dok.?

  • Selamat pagi .

    Umumnya periode menstruasi yang dialami wanita setiap bulan rata-rata antara 2 sampai 7 hari. Tetapi tidak jarang juga wanita yang mengalami periode menstruasi yang lebih panjang, bahkan lebih dari 2 minggu.

    Periode menstruasi terjadi pada semua wanita sejak masa pubertas, yaitu rata-rata usia 11 atau 12 tahun hingga masa menopause. Menstruasi terjadi ketika sel telur yang berada pada lapisan rahim meluruh karena tidak dibuahi oleh sperma, sehingga terjadi pendarahan melalui vagina. Panjang periode menstruasi masing-masing wanita sangat bervariasi antara 2 sampai 7 hari, dengan selang waktu rata-rata 28 hari. Namun, rentang waktu antar periode menstruasi juga bervariasi mulai dari 24 sampai 35 hari, yang masih dianggap normal.

    Tetapi jika periode menstruasi Anda terlalu panjang bahkan hingga lebih dari 2 minggu, Anda perlu waspada terhadap beberapa alasan kesehatan yang menyebabkannya. Hal ini mungkin wajar jika Anda telah mendekati usia menopause, yaitu antara usia 45-55 tahun karena perubahan hormon yang sangat drastis. Berikut beberapa alasan terhadap periode menstruasi yang ekstra panjang:

    1. Pertumbuhan fibroid non-kanker dalam rahim (fibroid uterus).
    2. Pertumbuhan polip dalam rahim.
    3. Memiliki endometriosis, suatu penyakit dimana jaringan endometrium rahim mengalami pertumbuhan hingga menonjol keluar rahim.
    4. Menderita penyakit radang panggul
    5. Ketidakseimbangan hormon sementara, misalnya, ketika mengubah kontrasepsi hormonal.
    6. Pemasangan alat kontrasepsi IUD tembaga yang mungkin membuat menstruasi Anda manjadi berat.
    7. Hamil dan keguguran, mungkin Anda mengira darah keguguran dari kehamilan yang tidak Anda ketahui sebelumnya sebagai darah menstruasi.
    8. Pendarahan disfungsional uterus (DUB/Dysfunctional Uterine Bleeding), dokter tidak tahu apa yang menyebabkan DUB dan dapat mendiagnosa Anda dengan kondisi tersebut jika tidak dapat menemukan penyebab pendarahan.

    Jika tidak ada penyebab fisik yang jelas, terutama jika Anda telah berusia setengah baya, dokter mungkin akan menunggu hingga Anda menopause dan menyakan bahwa hal ini disebabkan karena ketidakseimbangan hormonal yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Pemeriksaan panggul dan USG rahim akan dilakukan untuk melihat apakah ada kelainan tertentu yang menyebabkan panjangnya periode menstruasi. Dokter akan melakukan operasi jika menemukan fibroid, polip atau lapisan endometrium di tempat yang tidak seharusnya. Pengobatan lain meliputi terapi penggantian hormon, terapi obat yang membuat periode menstruasi lebih ringan, dan anti-inflamasi untuk mengurangi kehilangan terlalu banyak darah.

    Untuk tambahan informasi, dapat anda buka link berikut ini:
    http://meetdoctor.com/article/mengenal-menstruasi

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Jika Anda sulit mempunyai keturunan, kemungkinan tujuh faktor ini penyebabnya Deteksi 7 Penyebab Sulit Hamil Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui