Profile
Menstruasi

Menstruasi lebih dari 10 hari

Menstruasi lebih dari 10 hari
Jakarta

Saya berusia 51 tahun, tiga bulan terakhir tidak menstruasi. Saat ini saya memasuki hari ke 11 menstruasi dan belum menunjukkan tanda-tanda berhenti. Menstruasi mulai banyak pada hari ke 5, sementtara ini saya hanya mengonsumsi sangobion kapsul saja. Kejadian seperti ini sudah beberapa kali pernah saya alami dalam dua tahun terakhir (siklus tidak teratur). Apakah ada obat tertentu yang dapat saya konsumsi sebelum konsultasi ke dokter kandungan? Info tambahan: Setahun yang lalu, saya konsultasi ke dokter kandungan dan diberi terapi hormon dalam bentuk suntikan selama 4x suntik dengan harapan mempercepat menopouse. Namun setelah berhenti terapi, saya mengalami menstruasi kembali namun tidak teratur..

Answers

2 answers

  • Rentang siklus haid yang normal bervariasi sekitar 21-35 hari. Adapun beberapa faktor yang dipertimbangkan sebagai penyebab gangguan siklus menstruasi adalah sebagai berikut :
    1. Gaya hidup (peningkatan atau penurunan berat badan yang ekstrim, stress, dan olaharaga yang berlebihan)
    2. Kehamilan,
    3. Gangguan keseimbangan hormon (seperti estrogen, progesterone, tiroid)
    4. Infeksi, keganasan, trauma, pengaruh obat-obatan, maupun penyakit tertentu seperti Sindrom Polikistik Ovarium

    untuk sementara, Ibu dapat mencoba menghindari stress berlebih dan istirahat cukup untuk menghindari timbulnya gangguan hormonal akibat pengaruh psikis. Sedangkan untuk obat yang dikonsumsi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan dan kebidanan untuk dapat ditentukan apa penyebab pasti gangguan siklus menstruasi yang Anda alami. Apabila diperlukan, USG dan pemeriksaan lainnya dapat dilakukan untuk menunjang diagnosis.

    Sekian dan semoga membantu

  • Selamat siang,

    Menoragia atau hipermenorea adalah perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari), kadang disertai dengan bekuan darah sewaktu haid. Siklus haid yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 3-7 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari.

    Penderita menoragia dapat mengalami beberapa gejala seperti:
    - Perlu mengganti pembalut hampir setiap jam selama beberapa hari berturut-turut
    - Perlunya mengganti pembalut di malam hari atau pembalut ganda di malam hari
    - haid berlangsung lebih dari 7 hari
    - Darah haid dapat berupa gumpalan-gumpalan darah
    - Haid yang berlangsung berkepanjangan dengan jumlah darah yang terlalu banyak untuk dikeluarkan setiap harinya dapat menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak darah sehingga memicu terjadinya anemia. Terdapat tanda-tanda anemia, seperti, mudah lelah, pucat, kurang konsentrasi, dll.

    Timbulnya perdarahan yang berlebihan saat terjadinya haid (menoragia) dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya:
    1. Adanya kelainan organik, seperti: infeksi saluran reporduksi, kelainan koagulasi (pembekuan darah), misal : akibat von willebrand disease, kekurangan protrombin, idiopatik trombositopenia purpura (ITP), dll. Disfungsi organ yang menyebabkan terjadinya menoragia seperti gagal hepar atau gagal ginjal. Penyakit hati kronik dapat menyebabkan gangguan dalam menghasilkan faktor pembekuan darah dan menurunkan hormon estrogen.
    2. Kelainan hormon endokrin misal akibat kelainan kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal, tumor pituitari, siklus anovulasi, Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS), kegemukan, dll
    3. Kelainan anatomi rahim seperti adanya mioma uteri, polip endometrium, hiperplasia endometrium, kanker dinding rahim dan lain sebagainya.
    4. Iatrogenik : misal akibat pemakaian IUD, hormon steroid, obat-obatan kemoterapi, obat-obatan anti-inflamasi dan obat-obatan antikoagulan.

    Untuk mengetahui penyebab hipemenorea memerlukan pemeriksaan langsung berupa wawancara medis, pemeriksaan fisis dan penunjang jika diperlukan. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli kebidanan dan kandungan terkait keluhan tersebut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Kondom dikenal untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun sekarang kondom punya berbagai bentuk dengan fungsi yang berbeda. Kondom, Ini Bentuk hingga Fungsinya