Profile
Menstruasi

Menstruasi normal tp darah yg keluar kok sedikit?

Menstruasi normal tp darah yg keluar kok sedikit?

Malam dok, saya berumur 19 thn, mau tanya. Sblmnya saya mens dgn normal & teratur. Ttp semenjak bulan juni/juli thn ini, saya masih mens dgn teratur tp darah yg keluar sedikit sekali, seperti darah yg keluar saat hr terakhir mens. Kemudian pd tgl 31 agustus-4sept saya mens tp darah yg keluar masih sedikit. Ttp pd tgl 18 sept saya mens lagi, tp darah yg keluar sudah normal kembali seperti sedia kala. Mens itu berakhir tgl 23 sept. Skrng ini saya sdh mens lg, tp darah yg keluar kembali lg menjadi sedikit. Dan kalo dihitung, itu baru 18 hr dr mens terakhir. Jadi ini knp ya dok? Penyebabnya apa? Dan saya sering stress krn tugas kuliah yg bnyk sekali & sering membuat saya tdk tidur semalaman. Jd pola makan&tidur; saya tdk teratur dan saya gemuk dgn bb 71,5 kg dgn tinggi bdn 158 cm. Apakah hal ini jg mempengaruhi masalah saya tsb dok?? Mohon dijawab ya dok 🙏

Answers

1 answers

  • Selamat malam.

    Darah haid yang keluar saat seorang wanita datang bulan tidak selalu sama, kadang jumlahnya sedikit, hanya berupa flek-flek cokelat yang selesai dalam 3 hari. Tapi di bulan berikutnya bisa saja sangat banyak dan berupa gumpalan. gangguan haid karena volume darah haid dibedakan menjadi dua, yaitu hipomenorrhea dan hipermenorhhea.

    Hipomenorrhea terjadi jika volume darah haidnya kurang dari 3 pembalut sehari, sedangkan hipermenorhhea jika volume darah haidnya lebih dari 5 pembalut sehari. Akan tetapi dalam perjalanannya, terminologi hipermenorrhea dijadikan satu dengan menorrhagia, yaitu jika lama haid lebih dari 7 hari atau volume darah haid lebih dari 80 cc (5 pembalut lebih dalam sehari). Adapun penyebab darah haid sedikit adalah sebagai berikut :
    1. Penyebab psikologis
    Penyebab psikologis ini beragam. Mulai dari ketakutan yang berlebih, kecemasan, sampai kepada rasa kesal yang teramat sangat. Kondisi jiwa mempengaruhi kondisi fisik. Salah satunya dapat memberikan perubahan pada sistem kontrol hormonal di dalam tubuh.
    2. Penyebab fisik
    Penyebab fisik dapat dibagi menjadi fisik yang dipengaruhi oleh kondisi tubuh sesaat, seperti kelelahan. Kelelahan sebagaimana keadaan jiwa yang labil dapat berpengaruh terhadap sistem hormonal tubuh. Sekresi hormon yang terkait dengan fungsi seksual bisa mengalami perubahan, sehingga darah haid yang keluar sedikit.
    Kelelahan sebagai penyebab darah haid sedikit ini biasanya jika disertai dengan kelelahan mental, jadi tidak hanya sekedar lelah fisik semata. Sebagai contoh adalah keletihan pada para karyawan dengan beban kerja tinggi. Kelelahan tersebut pada umumnya disertai dengan keletihan psikis.
    3. Penyebab fisik akibat penyakit
    Penyakit tertentu dapat menjadi penyebab terjadinya darah haid yang sedikit. Misalnya adanya kista atau tumor pada kandungan, adanya masalah kelainan hormonal tubuh, kerusakan sistem organ reproduksi dan lain sebagainya.
    4. Kurang tidur
    Masalah ini nampaknya cukup sepele, namun dapat berakibat kurang baik pada siklus hormonal dalam tubuh yang berhubungan dengan menstruasi.
    5. Faktor alat KB
    Alat KB dapat mempengaruhi sistem reproduksi dan darah haid yang keluar. Alat KB yang berpengaruh tidak harus yang bersifat hormonal, melainkan Intra Uterine Device (IUD) pun berpengaruh.

    Sehingga bila ada salah satu penyebab di atas yang di rasa anda alami belakangan terakhir ini, ada baiknya segeralah di perbaiki agar menstruasi anda dapat kembali seperti sedia kala. Dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi bagi kesehatan organ reproduksi anda. Jika di rasa keluhan ini tidak kunjung teratasi, ada baiknya untuk mempertimbangkan berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan anda.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat anda buka link berikut ini:
    http://meetdoctor.com/article/mengenal-menstruasi

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Kesehatan jantung perlu dijaga dengan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan lainnya. 7 Kiat Menjaga Jantung Sehat Jika Anda sulit mempunyai keturunan, kemungkinan tujuh faktor ini penyebabnya Deteksi 7 Penyebab Sulit Hamil