Profile
Menstruasi

Menstruasi, siklus menstruasi, menstruasi tidak teratur

Menstruasi, siklus menstruasi, menstruasi tidak teratur

Dok saya berumur 19 tahun, saya mengalami menstruasi tidak menentu, yang pertama saya menstruasi hanya satu hari lalu berhenti, selang satu minggu saya menstruasi lagi hanya 3 hari lalu berhenti, selang 10 hari saya menstruasi lagi. Tapi hanya berbentuk flek dan menstruasi yang terakhir disertai nyeri. Apakah itu normal atau ada penyakit yang serius? Terimakasih sebelumnya dok.

Answers

3 answers

  • Selamat malam

    Kondisi gangguan yang anda alami disebut metroragia.

    Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

    Berat badan berlebihan atau terlalu kurus
    Tahun tahun pertama haid
    Dysfunctional uterine bleeding
    Endometriosis, adenomyosis
    Kehamilan ektopik
    Hiperplasia endometrial
    Polip
    Penggunaan kontrasepsi
    Kanker leher rahim
    Pelvic inflammatory disease

    Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

    Semoga membantu

  • Apakah menstruasi terakhir bisa dihitung menstruasi dok?

  • Selamat pagi

    Menyambung yang saya jelaskan sebelumnya, metroragia adalah perdarahan diluar siklus menstruasi. Namun asal perdarahan itu sama sama dari rahim. Menstruasi berasal dari peluruhan dinding rahim akibat sel telur yang tidak dibuahi. Sementara perdarahan metroragia bukan berasal dari siklus menstruasi tersebut

    Semoga membantu. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan