Profile
Hamil

methylparaben dan propylparaben

methylparaben dan propylparaben

Selamat malam dok , Istri saya hamil 6weeks dan menggunakan perwatan wajah wardah lightening series yang komposisinya mengandung paraben . Kalau boleh tau paraben amankah untuk ibu hamil ?

Answers

2 answers

  • Selamat malam

    Paraben digunakan pada beberapa produk kosmetik untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakter, jamur, dll. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan terhadap paraben dapat menyebabkan masalah jangka panjang pada bayi yang sedang tumbuh. Paraben dapat melintasi plasenta dan dapat terakumulasi dalam darah bayi.

    Paraben sifatnya bisa menyerupai hormon estrogen (estrogen mimic) sehingga dapat mengganggu keseimbangan sistem endokrin. Jika endokrin terganggu, maka berulang kali dikaitkan dengan kehamilan dan komplikasi janin pada hewan, namun hanya ada penelitian yang terbatas jumlahnya tentang bagaimana pengaruhnya di dalam tubuh manusia.

    Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa paparan terhadap paraben dapat menyebabkan masalah jangka panjang pada bayi yang sedang tumbuh. Seperti banyak pengganggu endokrin, paraben menyerupai estrogen dan mempengaruhi keseimbangan hormon sensitif yang dibutuhkan untuk kehamilan dan bayi yang sehat.

    Daftar kemungkinan efek paraben pada bayi sudah cukup lama. Penelitian yang dipilih pada hewan menunjukkan bahwa paparan pranatal terhadap paraben dikaitkan dengan gejala perilaku autis pada bayi, gangguan perilaku sosial, penurunan jumlah sperma dan motilitas di kemudian hari dan kesulitan belajar di antara yang lain.

    Sehingga, sebaiknya penggunaan paraben lebih baik dihindari selama kehamilan. Pilihlah kosmetik yang tidak mengandung paraben selama kehamilan.

    Terimakasih

  • Selamat pagi

    Paraben atau di beberapa merek kosmetik ada yang mencantumkan methylparaben, pentylparaben,benzilparaben dsb merupakan pengawet yang digunakan pada kosmetik dengan tujuan memperpanjang masa pakai suatu kosmetik, sifatnya sebagai antibakteri, antijamur.

    Paraben menjadi kontroversi karena terdapat publikasi dari penelitian di Inggris yang menyebutkan terdapat 'jejak-jejak' paraben dalam sel kanker payudara. Hasil penelitian tersebut di klarifikasi dan di umumkan belum ada bukti yang cukup paraben menjadi penyebab kanker payudara. Hasil penelitian tersebut memicu peneliti lain untuk meneliti hal yang sama dan didapatkan kesimpulan belum terbukti kalau paraben memicu kanker.

    Dari penelitian lain juga didapatkan jika paraben masuk dalam tubuh maka dapat meniru sifat hormon estrogen yang bisa memicu pubertas dini, kanker payudara dsb, pendapat ini kemudian dibantah oleh penelitian lain yang menyebutkan aktivitas estrogen pada paraben 100 ribu kali lebih lemah dari hormon estrogen yang alami ada di dalam tubuh manusia.

    BPOM melalui peraturan kepala badan pengawas obat dan makanan republik Indonesia nomor HK.03.1.23.08.11.07517 tahun 2011 disebutkan bahwa paraben diperbolehkan digunakan dengan batasan kadar tertentu.

    Salah satu pendekatan untuk menganalisa keamanan suatu bahan terhadap janin adalah dengan menggunakan US FDA Pharmaceutical Pregnancy Category. Dari 5kategori dalam lembaga tersebut idealnya ibu hamil hanya menggunakan bahan bahan yang masuk dalam kategori A dan B saja. Yaitu kategori A adalah telah terbukti secara meyakinkan tidak menimbulkan risiko bagi janin pada manusia, dan kategori B telah terbukti secara meyakinkan tidak menimbulkan risiko bahaya bagi janin pada pengujian dengan hewan coba. Tapi belum ada data serupa dari uji klinik pada bumil atau pengujian pada hewan coba menunjukkan adanya efek samping.

    Bahan skincare yang jelas-jelas telah dinyatakan berbahaya dan sebaiknya dihindari ibu hamil oleh otoritas pengawas obat dan makanan hanya 4, yaitu retinoid, asam salisilat, benzoil peroksida dan hidrokuinon.

    Gunakan bahan bahan alami sebagai alternatif misal minyak zaitun, minyak kelapa, atau masker putih telur dan kopi.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami