Profile
Fibrocystic Breast

Mohon dijawab dok, penting bagi saya

Mohon dijawab dok, penting bagi saya

Hallo dok, saya usia 22 th belum menikah, mau tanya di payudara sebelah kanan saya tepatnya ada 2 benjolan kecil yang nempel pada area puting. Awalnya itu luka kecil terus aku bersih2in nah lama kelamaan ngebentuk benjolan ada 1 tapi sekarang jadi ada 2. Awal2 gak ngerasa sakit tapi setelah seharian ini di area puting terasa sakit terus disalah satu benjolannya setelah saya pijit sedikit keluar cairan putih. Berbahaya tidak dok dengan keluhan saya seperti itu dan itu kenapa penyebabnya.. Terimakasih dok 🙂

Answers

1 answers

  • Selamat Malam

    Benjolan pada payudara dapat disebabkan oleh banyak hal baik kanker maupun bukan kanker.

    Berikut ini adalah beberapa penyebab benjolan pada payudara:
    1. Kista, merupakan kantong berisi cairan dalam jaringan payudara, sehingga menimbulkan benjolan. Jika diraba, benjolan terasa lunak. Umumnya kista dialami oleh perempuan berusia di antara 35-50 tahun. Kista yang berukuran lebih dari 2.5 cm dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada payudara.
    2. Perubahan fibrokistik, merupakan perubahan pada payudara karena ketidakstabilan hormon selama siklus menstruasi. Perubahan tersebut menimbulkan benjolan di payudara yang terasa nyeri.
    Selain itu, puting susu akan lebih sensitif. Kondisi ini bukanlah penyakit. Biasanya gejala terjadi ketika periode pramentruasi dan membaik ketika berlangsung atau berakhirnya menstruasi. Namun, segera periksakan ke dokter jika gejala tetap bertahan setelah selesai periode menstruasi.
    3. Fibroadenoma, merupakan benjolan padat yang terjadi akibat kelebihan pembentukan kelenjar penghasil susu atau lobulus dan jaringan di sekitar payudara. Benjolan tidak terasa sakit, dan jika ditekan akan bergeser. Kondisi ini umumnya dialami wanita berusia 20-30 tahun. Penyebab fibroadenoma belum diketahui secara pasti, tetapi terkait dengan hormon kesuburan.
    4. Infeksi bakteri seperti mastitis juga dapat menimbulkan benjolan yang terasa nyeri. Kondisi ini kerap dijumpai pada ibu menyusui.
    5. Benjolan Kanker
    Benjolan pada payudara juga dapat merupakan pertanda kanker payudara. Kanker terjadi ketika sel-sel dalam payudara mulai tumbuh secara tidak normal. Sel kanker berkembang lebih cepat dari sel normal, sehingga menimbulkan benjolan.

    Mengingat banyaknya penyebab benjolan pada payudara, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut misal USG mamae atau mammografi dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor
Kesehatan jantung perlu dijaga dengan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan lainnya. 7 Kiat Menjaga Jantung Sehat Kondom dikenal untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun sekarang kondom punya berbagai bentuk dengan fungsi yang berbeda. Kondom, Ini Bentuk hingga Fungsinya