Profile
Hamil

Mulut terasa pahit terkadang asam

Mulut terasa pahit terkadang asam

Selamat siang doc, saya ingin bertanya akhir2 ini mulut saya rasanya pahit dan terkadang asam. Apakah ada pengaruh dr kehamilan ya doc? Sy saat ini sedang mengandung kurang lebih 2bln.. thanks

Answers

1 answers

  • dr. Rafika Dona dr. Rafika Dona Dokter Umum

    Selamat sore .

    Apakah tidak disertai mual dan muntah?

    Meskipun tidak terlalu umum, ada ibu hamil yang mengalami dysgeusia yaitu perubahan rasa pada indra pengecapannya. terutama pada awal masa kehamilan. Rasa pada mulut yang tidak enak ini diduga disebabkan oleh adanya hormon kehamilan. Karena pada saat hamil hormon kehamilan meningkat secara signifikan terutama saat awal kehamilan.
    Agar rasa pahit pada mulut ibu hamil ini tidak terlalu mengganggu, dapat diatasi dengan beberapa cara, yaitu:
    -netralkan dengan garam
    -Tambahkan perasa asam pada makanan maupun miniman anda
    -Makan apa saj, Jika Anda tidak bisa mengonsumsi makanan tertentu karena berakibat mulut terasa pahit, konsumsilah makanan apa saja yang bisa Anda makan. Di lain sisi, tidak perlu merasa takut kekurangan gizi sebab rasa tidak enak pada mulut akan berangsur hilang saat kehamilan memasuki trimester kedua dan Anda bisa mulai mengatur gizi seimbang lagi. Anda juga dapat mengkonsultasikan keadaan ini pada dokter jika kondisi ini membuat Anda khawatir.

    -Menyikat gigi lebih sering
    Menyikat gigi lebih sering kemungkinan besar dapat membantu melenyapkan rasa pahit di mulut. Jangan lupa, sikat pula permukaan lidah dan langit-langit mulut. Setelah menyikat gigi, kumur dengan larutan baking soda untuk menetralkan kadar pH dengan perbandingan baking soda ΒΌ sendok makan dan air 1 cangkir.

    -Minta vitamin kunyah
    Ada satu cara lagi untuk menangani mulut terasa pahit, yaitu minta vitamin kunyah pada dokter Anda. Vitamin untuk kehamilan yang dikonsumsi dengan cara dikunyah ini mungkin dapat menetralkan rasa yang tidak enak tersebut.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Perawatan payudara tidak hanya dilakukan pada ibu menyusui, tapi perlu dilakukan sejak bayi dalam kandungan. Perawatan Payudara untuk Ibu Hamil Implantasi merupakan tanda awal kehamilan. Ini terjadi setelah sel sperma membuahi sel telur. Bagaimana membedakan flek ini dengan menstruasi? Bercak Implantasi Sebagai Tanda Awal Kehamilan