Profile
Hamil

nyeri dan ngilu di sekitar rahim

nyeri dan ngilu di sekitar rahim
Central Jakarta, Central Jakarta City, Special Capital Region Of Jakarta, Indonesia

dok saya mengalami rasa ngilu di daerah rahim dan sekitar nya sekarang hari ke 19 setelah hari pertama saya haid beberapa hari yang lalu saya sempat melakukan fingering namun tidak ada penetrasi atau pun petting beberapa bulan ini sebenernya saya sering mengalami gangguan di tengah siklus haid seperti nyeri dan keluar nya flek darah namun haid tetap lancar. bulan ini hanya rasa ngilu saja dan cukup mengganggu. kira2 apa yang saya alami dok? apakah itu pertanda saya ovulasi atau ada kemungkinan saya hamil dok? atau kan ada hal lain yg saya alami?

Answers

7 answers

  • Selamat malam,

    Sakit perut bagian bawah pada masa subur disebabkan oleh ovulasi (yaitu saat dilepaskannya sel telur dari indung telur menuju tuba falopi). Dengan kata lain, nyeri ini dinamakan nyeri ovulasi atau mittelschmerz. Nyeri ini dirasakan pada daerah panggul yang terasa seperti nyeri menstruasi.

    Nyeri ini terjadi hanya pada satu sisi perut tergantung pada indung telur mana yang melepaskan sel telur untuk siklus menstruasi saat itu. Walaupun tidak semua wanita merasakan nyeri ini, mittelschmerz merupakan hal yang wajar. Penyebab nyeri ovulasi ini belum diketahui dengan pasti. Ketika sel telur berkembang dalam indung telur, sel telur ini dilindungi oleh cairan di dalam indung telur. Saat sel telur dilepaskan menuju tuba falopi, cairan ini berserta sedikit darah juga ikut keluar dari indung telur. Cairan dan darah inilah yang diperkirakan mengiritasi dinding lapisan perut dan menyebabkan nyeri.

    Nyeri akan hilang ketika cairan ini terserap tubuh. Bila nyeri tidak tertahankan, Anda dapat meminum parasetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat; atau Anda dapat mencoba melakukan kompres hangat pada bagian perut yang sakit.

    Semoga membantu. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • apakah ada kemungkinan saya hamil dok? atau kah ada kemungkinan penyakit lain?

  • Selamat malam Budi Hartono

    Mengingat tidak ada kemungkinan kontak alat kelamin anda dengan sperma sehingga kemungkinan hamil pada anda tidak ada. Coba perbaiki dulu pola istirahat dan makan anda serta hindari stress.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dok apabila rasa ngilu nya telah terjadi 3 hari apakah normal?

  • Selamat malam,

    Rasa ngilu yang anda rasakan bisa terjadi akibat nyeri pada masa ovulasi dan bisa juga nyeri pada saat pre menstruasi. Mengingat sudah hari ke 22 di siklus haid anda dan sudah semakin mendekati tanggal haid, maka normal saja anda masih merasakan ngilu pada perut bagian bawah.

    Kendalikan stress anda agar tidak mengganggu hormonal yang mengatur terjadinya siklus menstruasi sehingga menstruasi bisa terlambat ataupun gangguan haid lainnya.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • namun siklus haid saya 32 hari doj

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Selamat pagi dear.
    Jika siklus menstruasi Anda teratur selama 32 hari setiap bulannya, maka masa subur diperkirakan terjadi pada hari ke 16-20 dari hari pertama menstruasi terakhir. Selain dengan sistem kalender, masa subur juga dapat diprediksi dengan metode lainnya yaitu:
    -Metode lendir serviks: pada saat ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur yang menandai masa subur) akan diproduksi cairan vagina berwarna bening, licin, dan elastis yang menyerupai konsistensi putih telur mentah
    -Metode suhu basal: pada saat ovulasi akan terjadi sedikit peningkatan suhu basal tubuh yaitu sekitar 0,3-0,5 derajat Celsius
    -Menggunakan alat prediksi masa subur yang dijual bebas di apotik.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan MeetDoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan