Profile
Kehamilan Ektopik

Nyeri tulang kemaluan saat hamil muda

Nyeri tulang kemaluan saat hamil muda

Dok, usia kandungan saya 12 minggu tapi tulang kemaluan nyeri sekali. Setiap bangun tidur, sehabis duduk lama, memakai celana, bahkan berjalan kaki harus pelan-pelan atau aktifitas lain yang mengangkat atau menekuk kaki. Apa itu wajar?soalnya kata orang harusnya diusia segitu ukuran rahim belum terlalu besar. Kira-kira penyebabnya apa ya? Apa mungkin karena sebelum hamil, lemak diperut saya rada tebal yang jadi pengaruhnya? Terimakasih banyak.

Answers

1 answers

  • selamat siang

    Nyeri atau kram perut bawah saat kehamilan sebenarnya keluhan yang cukup umum terjadi. Hal ini bisa dikarenakan:

    Pengaruh hormon yang menyebabkan regangan pada tulang-tulang rawan, sendi, ligamen dan otot sehingga terasa nyeri
    Tekanan pada rongga panggul akibat janin yang semakin bertumbuh
    Perubahan postur tubuh karena menyangga janin
    Gas dalam perut yang berlebihan karena kenaikan hormon progesteron yang menyebabkan pencernaan menjadi lambat

    Nyeri yang Anda rasakan juga bisa disebabkan oleh disfungsi simfisis pubis. Simfisis pubis adalah pertemuan antara tulang panggul kiri dan kanan yang letaknya tepat di atas kemaluan. Simfisis pubis ini terdiri dari tulang rawan. Pada wanita hamil sering terjadi peregangan daerah ini karena pengaruh hormon, dengan tujuan meregangkan rongga panggul sebagai persiapan persalinan dan pertumbuhan janin. Keluhan yang ditimbulkan biasanya adalah rasa ngilu ketika akan berubah posisi, berjalan, bangun dari tidur ke duduk dan gerakan lainnya. Disfungsi simfisis pubis ini dapat dirasakan sejak awal kehamilan, tetapi bisa juga dirasakan pada akhir atau setelah melahirkan. Disfungsi simfisis pubis ini tidak berbahaya, namun apabila sakit sangat hebat segeralah periksakan ke dokter kandungan. Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan gerakan secara perlahan dan jangan tiba-tiba, konsultasikan juga pada dokter mengenai senam hamil.

    sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif