Profile
Kesehatan A-Z

OBAT DARAH TINGGI

OBAT DARAH TINGGI
Jakarta, Indonesia

Bagaimana cara untuk mengatasi penyakit darah tinggi, apakah dengan cara tradisional maupun dengan memeriksa kepada tenaga medis, apakah darah tinggi sembuh dengan cepat dan tanpa kambuh lagi , minta solusinya ?

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Hipertensi adalah istilah medis untuk kondisi tekanan darah tinggi. Sedangkan tekanan darah merupakan kekuatan curah jantung (aliran darah dari jantung) melalui dinding pembuluh darah. Tekanan darah sangat dipengaruhi oleh aktivitas yang mempengaruhi kerja jantung seperti saat berolahraga maupun kondisi pembuluh darah. Oleh sebab itu tekanan darah dapat berubah sewaktu-waktu. Tekanan darah yang normal berkisar di angka 120/80 mmHg. Diagnosis tekanan darah tinggi ditegakkan jika pada tiga kali pengukuran pada hari yang berbeda tekanan sistolis berada pada 140 mmHg keatas dan tekanan diastolis lebih dari 90 mmHg. Tekanan sistolis terjadi ketika jantung berkontraksi dan memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan tekanan diastolis terjadi ketika jantung dalam keadaan istirahat (rileks) dan mengisi kembali bilik jantung dengan darah.

    Penderita tekanan darah tinggi sering tidak menyadari kondisi hipertensi yang terjadi pada dirinya selama bertahun-tahun, walaupun proses kerusakan pembuluh darah dan jantung terus berjalan tanpa gejala pada awalnya. Hipertensi harus ditangani dengan baik sehingga dapat dikontrol sebab hipertensi yang tidak mendapatkan penanganan yang baik dan tepat, dapat mengakibatkan berbagai komplikasi, seperti penyakit gagal jantung, stroke, gagal ginjal, dll.

    Tips yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah ialah :

    -Patuhi saran dan obat yang diberikan oleh dokter Anda
    -Kurangi asupan garam
    -Menjaga berat badan ideal (turunkan berat badan jika berat badan berlebih)
    -Jalani pola hidup sehat
    -Olahraga secara teratur
    -Istirahat yang cukup (jangan suka bergadang sampai larut malam)
    -Berhenti merokok dan minum alkohol jika hal itu merupakan kebiasaan yang dilakukan sebelumnya
    -Kurangi konsumsi daging merah (kambing, sapi) dan jeroan
    -Perbanyak konsumsi daging putih seperti ikan atau daging ayam sebagai pengganti protein
    -Konsumsi makanan yang banyak mengandung omega-3 seperti ikan laut, minyak zaitun, minyak kedelai, sayuran berwarna hijau gelap, kenari, dll
    -Cukupi mineral kalium, magnesium dan kalsium
    -Kelola stres dengan baik
    -Rutin kontrol/mengukur tekanan darah

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat