Profile
Keringat Berlebih (Hyperhidrosis)

Obatnya apa ya?

Obatnya apa ya?

Dok saya ingin bertanya, telapak tangan kaki saya suka berkeringat, setelah berkeringan tiba2 tangan terasa sangat gatal dan seperti ada kutu airnya. Setelah gatal terjadi pengelupasan kulit dibagian telapak tangan dan telapak kaki. Kira kira itu kenapa dan untuk pengobatannya pakai apa?

Answers

3 answers

  • Selamat sore

    Keringat yang berlebihan atau hiperhidrosis dibagi menjadi dua macam. Pertama, hiperhidrosis fokal primer di mana biasanya keringat berlebihan terjadi di area tertentu saja dan biasanya simetris, misal di telapak tangan kanan dan kiri, telapak kaki kanan dan kiri, ketiak kanan dan kiri, dll. Hal ini terjadi akibat ada masalah pada susunan saraf. Kedua, hiperhidrosis umum sekunder, yaitu keringat berlebihan yang terjadi pada malam hari, dimana terjadi di seluruh bagian tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya penyakit tertentu seperti masalah tiroid, tuberkulosis, menopause, gagal jantung, stroke, kanker (limfoma dan leukimia), parkinson, diabetes, cedera tulang belakang, penyakit paru-paru, adiksi alkohol, dan kehamilan.

    Bisa saja yang terjadi pada anda adalah hanya masalah susunan saraf saja, sehingga kelenjar keringat di telapak kaki dan tangan jadi mengeluarkan keringat berlebihan. Namun untuk memastikan penyebabnya, maka anda harus memeriksakan diri ke dokter.

    Terimakasih

  • Tapi skrg tangan dan kaki saya tidak berkeringat, melaikan kering dan mengelupas. Tangan terasa sangat tipis kulitnya. Sehingga makan makanan pedas terasa panas dan perih dibagian jari2 tangan

  • Selamat Malam

    Kulit jari tangan yang mengelupas dapat menandakan suatu penyakit kulit tertentu. Untuk menegakkan diagnosis, harus diketahui apakah gejala tersebut hanya di jari-jari tangan saja atau tidak, juga adakah gejala lain yang menyertai, misalnya rasa gatal, perih. Kebiasaan sehari-hari juga perlu diketahui, misalnya mencuci pakaian dengan deterjen, tangan yang terpajan zat kimia pabrik. Kulit jari tangan yang mengelupas dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, yaitu:

    -dermatitis kontak/ eksim kontak, yaitu reaksi peradangan dan alergi akibat kontak dengan suatu bahan yang menyebabkan alergi, misalnya bahan detergen.
    -infeksi jamur, pada jari sering mengenai bagian sela-sela jari
    -keratosis aktinik yaitu penyakit kulit akibat terpajan sinar matahari terus-menerus dengan gejala bercak bersisik yang terasa nyeri
    -iktiosis adalah penyakit kulit bersisik akibat genetik

    Sebaiknya periksakan diri anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan penanganan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Keringat Berlebih (Hyperhidrosis) ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami