Profile
Kesehatan A-Z

Operasi Laparatomi

Operasi Laparatomi

Dok.. saya ingin bertanya 10 januari 2018 saya habis operasi laparatomi lalu InsyaAllah awal taun depan tepatnya 2019 saya akan menikah dan tidak ingin menunda momongan .. Apakah boleh dalam jangka waktu 1 tahun setelah operasi laparatomi berhubungan dan langsung hamil atau ada pengaruh tertentu Dok pada kehamilan dan andai saya hamil apa kah bisa lahir normal ?? Mohon infonya terima kasih..

Answers

3 answers

  • selamat pagi

    Saya mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika anda berencana untuk hamil dalam waktu dekat, maka penting untuk melakukan pemeriksaan kehamilan (ANC) secara teratur. Hal ini bertujukan untuk mendeteksi secara dini ibu hamil yang memiliki resiko tinggi baik dalam kehamilan maupun persalinannya nanti.karena seorang ibu hamil tanpa memiliki limpa, kemungkinannya akan mudah terkena infeksi, karena daya tahan tubuh yang lemah. Untuk mengantisipasi, konsultasi dengan dokter untuk tindakan yang tepat. Anda mungkin akan memerlukan vaksinasi atau pengobatan tertentu untuk mencegah infeksi, sebelum merencanakan kehamilan.

    Adanya riwayat operasi laparatomi sebenarnya tidak termasuk dalam faktor resiko atau masalah dalam kehamilan. Maka dari itu Anda tidak perlu khawatir akan kehamilan dan persalinan nanti. Yang terpenting adalah rutin melakukan pemeriksaan kehamilan (ANC) agar apabila dicurigai adanya masalah, dapat segera dicari penangnananya.

    Namun, karena Anda telah menjalani operasi laparatomi maka umumnya dapat terjadi adhesi (perlengketan) jaringan yang terdapat didalam rongga perut. Kondisi ini bisa menjadi penyulit pada Saat Anda dalam kondisi harus melahirkan lewat operasi caesar.

    Saat ini anda tidak perlu khawatir untuk merencanakan kehamilan. Tetapi Anda juga perlu berdiksui lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah yang mengoperasi Anda perihal rencana ini, untuk dapat disesuaikan dengan kondisi Anda.

    sekian semoga bermanfaat

  • jadi untuk masalah kehamilan saya tidak ada masalah yaa Dok.. saya pikir ada pengaruh untuk masa depan terutama soal momongan Dok dan kalo masalah persalinan itu apa kah masih bisa normal yaa Dok karnaa sudah ada riwayat pernah operasi..

  • Selamat Malam Saudari

    Hal tersebut tidak akan menjadi masalah sehingga anda tidak perlu untuk khawatir. Yang terpenting adalah lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur saat anda sedang hamil.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan