Profile
Kehamilan Ektopik

Pagi dokter,

Pagi dokter,

Saya hamil 38w2d,anak ke 3,dokter dlm satu minggu ini saya sudah merasakan sakit di bagian perut bawah, di pinggang tp kok blm ada y tanda tanda kelahiran, 3 hari yg lalu periksa ke bidan katanya sudah buka 1 tapi sampai hari ini kok blm ada tanda tanda, itu kek mana y dok? Terimakasih.

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Usia kehamilan ibu sudah memasuki aterm atau cukup bulan, di mana usia kehamilan 38 minggu. Sebelum terjadi persalinan, ibu hamil akan menunjukkan tanda-tanda persalinan terlebih dahulu. Tanda persalinan yaitu sebagai berikut:
    - Yang pertama adalah rasa mulas (kontraksi rahim). Kontraksi rahim bersifat ritmis dengan frekuensi semakin cepat dan kekuatan semakin meningkat.
    - Yang kedua adalah keluarnya lendir bercampur darah
    - Yang ketiga adalah keluarnya air ketuban yang biasanya berupa cairan bening pervaginam merembes keluar.

    Bila kontraksi pertanda melahirkan maka nyeri perutnya biasanya ritmis dan semakin lama semakin meningkat. Kontraksi atau his yang adekuat yaitu bila ibu memegang perut kontraksinya teratur minimal 2x dalam 10 menit dengan lama kontraksi atau his 40 detik. Bila belum seperti itu maka bukan his yang adekuat. His atau kontraksi bisa juga timbul akibat beehubungan seksual, di mana cairan sperma mengandung prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi rahim.

    Kontraksi yang belum adekuat atau his palsu memang kadang terjadi pada kehamilan trimester akhir, asalkan anda masih merasakan gerak janin yang aktif, maka anda tidak perlu khawatir. Saran saya ibu dan pasangan harus tetap siaga karena sudah memasuki usia kandungan aterm jadi janin bisa lahir kapan saja. Rajin-rajinlah untuk jalan-jalan atau senam hamil agar persalinan lancar. Akan tetapi, bila tanda-tanda persalinan seperti yang saya sebutkan tersebut terjadi, dengan adanya kontraksinya adekuat, maka segera ke tempat pelayanan kesehatan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif