Profile
Fibrocystic Breast

Payudara kencang dan padat

Payudara kencang dan padat

Dok aku siska umur 21 tahun aku skrng ini merasa payudara aku agak membesar kencang dan padat pinggirannya tapi tidak sakit ,, aku haid sudah beberapa bulan ini beda tanggal trus awalnya tgl 15 lalu tgl 13 dan yg kmrn tgl 10 dok , itu gejala apa ya dok ? Aku haid juga tidak terlalu sakit perutnya pas awal dan sesudah haid sakit perut aku nya ,, aku haid selama 1-5 harian dan volume darah sampe hari ke 3 banyak hari ke 4 sisa flek dok dan hari ke 5 bersih ,, apa haid saya lancar dok ? Dan kenapa payudara terasa seperti yg saya bahas diatas ? Makasih dok

Answers

2 answers

  • Selamat pagi Saudari

    Payudara yang terasa kencang dikenal dengan mastalgia dalam bahasa medis. Keluhan ini dapat terjadi sesuai dengan siklus menstruasi (periodik) atau nyeri ini datang dan pergi tetapi tidak memiliki suatu pola (non-periodik). Tidak jarang penyebab nyeri pada payudara ini tidak diketahui dengan pasti. Mastalgia yang bersifat periodik merupakan nyeri yang paling umum dirasakan wanita. Nyeri ini dipengaruhi oleh hormon reproduksi wanita. Nyeri biasanya dirasakan pada ke dua payudara, dideskripsikan sebagai rasa berat yang menjalar ke arah ketiak dan lengan. Nyeri ini dimulai dua minggu sebelum menstruasi. Nyeri biasanya akan bertambah pada saat menstruasi dan berkurang ketika menstruasi berakhir. Mastalgia yang tidak bersifat periodik umumnya terjadi pada wanita usia 30-50 tahun dan dirasakan pada salah satu payudara dan dideskripsikan sebagai nyeri yang terasa tajam atau sensasi terbakar.

    Anda dapat mencoba minum parasetamol atau ibuprofen bila nyeri tidak tertahankan atau mencoba melakukan kompres hangat pada payudara yang nyeri untuk mengurangi nyeri. Pastikan Anda menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda.

    Jika keluhan ini tidak kunjung membaik lebih dari dua minggu atau semakin memburuk, silakan Anda berkonsultasi dengan dokter.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat pagi Saudari

    Panjang siklus menstruasi bervariasi pada tiap wanita. Normalnya berada pada interval 21-35 hari, dengan rata-rata panjang siklus 28 hari. Sehingga darah yang mengalir dari vagina setiap 21 – 35 hari adalah normal. Kita bisa menghitung panjang siklus menstruasi dengan menghitung jarak antara tanggal mulainya menstruasi yang lalu dan mulainya menstruasi berikutnya. Dari penjabaran anda siklus menstruasi anda masih termasuk normal.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu