Profile
Fibrocystic Breast

Payudara terasa keras dan Padat

Payudara terasa keras dan Padat

Maaf dok saya mau tanya saya sedang menyusui payudara saya bengkak sudah 3 bulan tpi sekarang saya merasakan sakit ngilu pada payudara sebelumnya payudara ketika bengkak saya kompres pake air hangat tapi tetep saja tidak ada perubahan air asi yg keluar seperti nanah knpa ya dok?

Answers

1 answers

  • dr. Rizka Amelia dr. Rizka Amelia Dokter Umum

    Selamat sore,

    Payudara yang membengkak dan teraba keras pada wanita yang sedang menyusui disebabkan oleh penumpukan ASI dalam payudara atau pengeluaran ASI tidak maksimal atau akibat penyumbatan salah satu saluran ASI. Beberapa hal terkait kondisi tersebut adalah :

    A. Pada kondisi ini, prinsip pengobatannya adalah dengan tetap mengeluarkan ASI. Cara terbaik adalah dengan tetap memberikan ASI kepada bayi, sehingga bayi dapat menghisap dan mengeluarkan penumpukan ASI di paudara tersebut.
    B. Cara lain yang bisa dilakukan adalah, jika dirasa payudara nyeri untuk menyusui maka pada payudara yang sakit tetap secara rutin dikeluarkan ASI melalui metode perah ASI, kemudian tampung ASI sebagai simpanan atau untuk diberikan kepada bayi nya nanti. Payudara yang sehat tetap menyusui bayi secara langsung.
    C. Sebelum menyusui atau memerah ASI, ibu dapat melakukan kompres hangat pada bagian payudara yang bengkak
    D. Selain itu dapat dilakukan pijatan halus, berupa sentuhan dengan arah dari pangkal payudara ke puting dari segala arah, hindari menekan atau memijat terlalu kencang.
    E. Pastikan posisi bayi saat menyusui tepat sehingga mencegah munculnya masalah pada payudara seperti payudara bengkak, infeksi, puting lecet dsb. Semua hal tersebut tidak terjadi jika posisi menyusui dilakukan dnegan tepat.
    F. Hindari menekan atau menjepit payudara ketika menyusui, karena akibat tekanan tersebut dapat menghambat pengeluaran ASI pada bagian yang tertekan tersebut
    G. Hindari penggunaan BH terlalu ketat atau pakaian terlalu ketat
    H. Pada saat menyusui, sebaiknya lepas seluruhnya BH agar tidak adan penekanan pada payudara
    I. Menyusui di 1 payudara hingga terasa kosong atau AS habis, kemudian pindahkan ke payudara yang lain jika bayi masih ingin minum, jika tidak maka pada saat menyusui berikutnya berikan ASI melalui payudara yang masih penuh. Hal tersebut penting agar produksi ASI berjalan dengan baik pada kedua payudara dan agar bayi mendapatkan kandungan susu akhir pada setiap payudara, sehingga kenyang lebih lama dan membantu dalam pertumbuhan dan peningkatan berat badan bayi.

    Perlu diperhatikan jika Anda mengalami keluhan payudara memerah tanpak seperti radang pada sebagian daerah payudara, teraba hangat, muncul keluhan demam, ataupun keluar nanah atau pus dari puting maka sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter, untuk mendapatkan terapi antibiotik akibat infeksi pada payudara. Berhubung karena saat ini sudah ada keluar nanah dari puting, sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

    Sekian semoga membantu. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan