Profile
Fibrocystic Breast

Payudara terasa sakit dan ada bintik putih

Payudara terasa sakit dan ada bintik putih

Dok 4hari yg lalu didlam payudara saya ada yg keras stlah 2hari hilang. V muncul bintik putih di puting nya.dan di dalam payudara saya terasa sakit. Lalu saya pencet keluar cairan kental stlah itu sperti luka keluar darah.  Saya g berani kasih asi pada anak saya. Dan skrang payudara saya ada yg keras lagi dan terasa sakit.  Itu kenapa ya dok?

Answers

5 answers

  • selamat malam

    Bintik menyerupai jerawat yang timbul di payudara umumnya memang merupakan suatu jerawat/acne. Jerawat pada dasarnya dapat timbul di area kulit manapun yang memiliki kelenjar minyak atau folikel rambut, termasuk pada kulit payudara.

    Jerawat umumnya memiliki warna kemerahan dan terasa sedikit nyeri, dan dapat pula timbul warna putih pada puncak jerawat yang merupakan nanah. Terkadang jerawat dapat pula mengeluarkan darah, terutama bila dipecahkan secara paksa. Jerawat nodul dapat berbentuk lebih besar, teraba keras, dan terasa nyeri karena infeksi masuk lebih dalam ke kulit. Selain itu bintik pada payudara dapat pula timbul akibat kondisi medis yang lain, misalnya akibat gigitan serangga ataupun infeksi jamur.

    Jerawat pada payudara umumnya merupakan kondisi yang tidak berbahaya dan biasanya dapat ditangani dengan mudah. Namun ada beberapa gejala yang harus diwaspadai sebagai gejala kanker, seperti jerawat memiliki ciri yang berbeda dengan jerawat pada umumnya, tidak kunjung membaik dengan obat bebas, jerawat membesar, terasa lebih sakit atau teraba keras. Selain itu waspadai pula bila jerawat yang timbul disertai dengan gejala lain yang menandai kanker payudara, seperti perubahan bentuk payudara, pembengkakan di ketiak, perubahan bentuk puting payudara, atau keluar cairan dari puting payudara.

    Bintik di payudara yang Anda alami belum dapat dipastikan apakah terkait dengan kanker atau tidak. Untuk memastikannya tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, baik melalui pemeriksaan fisik (dengan pengamatan langsung dan perabaan) maupun tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, mammogram, biopsi). Bila keluhan terus berlanjut sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli bedah agar penyebabnya dapat ditelusuri lebih jauh dan diberikan penanganan yang tepat.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    Menjaga kebersihan kulit di area payudara
    Gunakan sabun yang lembut dan air hangat untuk membersihkan area payudara 2 kali sehari
    Kenakan bra yang berbahan lembut, tidak ketat, dan dapat menyerap keringat dengan baik
    Mengganti dan mencuci bra secara teratur
    Hindari memencet atau memecahkan bintik yang timbul

    sekian semoga bermanfaat

  • Dok 2 bulan yg lalu pun payudara saya ini ada yg keras dan terasa sakit v setelah 2 hari hilang lagi. Dan muncul lagi skitar 4 hari yg lalu sebelum muncul bintik putih itu.apa hal itu bukan hal yg berbahayA?

  • Selamat malam.

    Nyeri pada payudara (dengan disertai keluar nanah/tidak) bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti:
    - Siklus menstruasi
    - Mastitis, sering terjadi pada wanita yang sedang menyusui karena terjadi infeksi pada kelenjar payudaranya
    - Infeksi pada puting payudaranya saja
    - Infeksi pada kulit payudaranya, bisa terlihat memerah, nyeri, dan teraba hangat
    - Cedera otot dada
    - Adanya benjolan yang sifatnya ganas, seperti kanker payudara, ditandai dengan adanya benjolan yang cepat membesar, keluar cairan (nanah/darah) dari puting, kulit payudara mengkerut seperti kulit jeruk, puting tertarik ke dalam
    - dll

    Untuk mengetahui penyebabnya, maka harus diperiksakan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter.

    Untuk sementara yang dapat dilakukan adalah:
    - Gunakan bra dengan ukuran yang sesuai
    - Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan dan mentega
    - Kurangi asupan kafein dan rokok
    - Jangan memijat ataupun mengurut payudara anda
    - Jaga kebersihan daerah payudara
    - Tidak menekan-nekan benjolan jika ada
    - Bila terasa nyeri bisa minum obat pereda nyeri, seperti parasetamol
    - Bila ada luka terbuka maka jaga agar luka tetap kering
    - Jangan digaruk

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Apa bekas luka yg diperkirakan itu milk blister dan mengrluarkan darah itu tidak apa2 tertelan oleh bayi?

  • Selamat malam.

    Apabila terdapat luka yang mengeluarkan darah, sebaiknya memberikan ASI dari payudara yang tidak mengalami luka. Karena ditakutkan luka tersebut akan menyebabkan infeksi yang membuat ASI terkontaminasi. Sebaiknya memeriksakan luka anda langsung pada dokter agar dapat diberikan penanganan yang sesuai.

    Terima kasih. semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan