Profile
Kecemasan (Anxiety)

Pelihara kucing

Pelihara kucing

Dok saya punya adik ipar yang sangat menyayangi kucing. Saya khawatirbkarena dia selalu tidur dengan kucingnya 1 kasur. Apakah itu boleh? Apa tidak berbahaya bagi kesehatannya dok?

Answers

1 answers

  • Selamat malam,

    Memiliki hewan peliharaan adalah umum dikalangan masyarakat namun Anda harus memperhatikan beberapa potensi penyakit yang dibawa hewan peliharaan, misalnya rabies, toxoplasma dan cacing tambang. 

    Rabies adalah salah satu penyakit yang ditularkan hewan yang paling ditakuti karena bisa mematikan. Hewan yang terkena rabies dapat berubah perilaku menjadi lebih buas atau mendadak jinak. Hewan juga cenderung mengeluarkan air liur berlebih dan takut terhadap air dan cahaya. Pencegahannya ialah dengan memberikan vaksin rabies pada hewan yang dapat menularkan rabies, misalnya anjing dan kuncing. Virus rabies menular melalui air liur; karena itu, jika tergigit atau tercakar hewan yang dicurigai rabies / tidak diketahui status imunisasi rabies, sebaiknya cepat dibawakan ke Dokter. 

    Toksoplasma adalah salah satu parasit yang dapat menyerang manusia. Parasit ini umumnya diperoleh dari daging yang dimasak kurang matang, cemaran kotoran kucing dan penularan dari ibu-anak saat mengandung. Toxoplasmosis umumnya memberikan gejala yang tidak khas, mirip seperti serangan flu; pada orang sehat pada umumnya, toxoplasmosis tidak banyak bermakna secara klinis. Namun, jika mengenai ibu hamil, hal ini dapat diturunkan ke anaknya dan menyebabkan gangguan janin dan kecacatan. 

    Cacing tambang bisa terdapat pada kotoran kucing dan menyerang manusia. Larva cacing tambang dapat merayap di bawah kulit dan menyebabkan gatal. Setelahnya, beberapa spesies cacing bisa masuk ke dalam aliran darah dan masuk ke saluran cerna. Orang yang terinfeksi kemudian bisa mengeluarkan telur cacing melalui kotorannya dan cemaran kotorannya bisa menularkan infestasi cacing ke orang sekitar. 

    Selain itu, sebagian orang juga mungkin bisa mengalami alergi terhadap bulu kucing. Karena itu, Anda sebaiknya menjaga jarak pada hewan peliharaan Anda di rumah. Misalnya tidak membawa hewan peliharaan ke dalam kamar tidur atau tidak bawa masuk rumah. Kemudian, perhatikan juga kebersihan hewan peliharaan Anda, makanan hewan peliharaan sebaiknya terjaga kebersihannya dan berikan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan Anda. 

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kecemasan (Anxiety) ?
Ask Doctor
Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil? Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA