Profile
Hamil

penebalan dinding rahim

penebalan dinding rahim

malam dokter saya punya sedikit masalah dgn jadwal haid saya.terhitung malam ini saya telat haid 20 hr.sementara saya selalu testpack negative.dan pd saat di USG ada penebalan dinding rahim 9.5 mm.apakah ini pertanda mau haid atau hamil ya dokter.trimakasih dokter

Answers

3 answers

  • Selamat malam.

    Penyebab telat datang bulan yang dialami tiap perempuan berbeda-beda. Ada yang terjadi karena hal normal, namun ada pula yang mengalami keterlambatan akibat efek samping kontrasepsi dan juga karena kondisi kesehatan.

    Berikut beberapa penyebab telas haid dan cara mengatasinya:

    1. Stres
    Kondisi ini bisa memengaruhi hormon Anda, mengubah rutinitas harian tubuh, serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memicu penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda.

    2. Berat badan tidak normal
    Kemungkinan Anda akan mengalami telat datang bulan jika memiliki berat badan yang terlalu rendah. Kondisi ini bisa mengubah cara kerja tubuh sehingga menghambat ovulasi.

    Biasanya, hal ini dialami oleh kalangan yang mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Hal sama terjadi jika Anda mengalami obesitas.

    Bobot tubuh berlebihan juga bisa menyebabkan perubahan hormon yang berdampak pada siklus menstruasi Anda.

    Jika keterlambatan menstruasi disebabkan oleh hal-hal tersebut, Anda tidak perlu mengonsumsi obat telat datang bulan. Cukup ubah pola hidup Anda menjadi lebih baik seperti menjauhi hal-hal yang membuat Anda stres dan mengonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang.

    3. Penyakit tiroid
    Kelenjar yang ditemukan di leher ini menghasilkan hormon tiroid yang mengontrol pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Hormon tiroid juga memengaruhi kerja estrogen, salah satu hormon seksual sehingga siklus menstruasi pun ikut dipengaruhi.

    4. Sindrom ovarium polikistik
    Sindrom ini bisa menyebabkan tingginya tingkat hormon. Pengobatan yang sering direkomendasikan untuk mengatasi sindrom ovarium polikistik yaitu melakukan terapi hormon dengan mengonsumsi pil KB atau pil yang mengandung hormon progesteron.

    5. Tumor hipofisis
    Ini adalah kondisi ketika tumor jinak berkembang di kelenjar hipofisis atau pituitari (kelenjar di bawah otak). Adanya tumor tersebut dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berperan dalam siklus menstruasi.

    Mengatasi hal tersebut diperlukan pemeriksaan secara lengkap seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta penunjang untuk dapat memastikan diagnosa tersebut.

    Anda juga perlu mengetahui penyebab yang pasti dengan mengevaluasi diri apakah ada perubahan pola hidup dalam sebulan terakhir ini. Aktivitas yang padaat, serta kurangnya istirahat juga dapat berpengaruh terhadap keterlambatan haid. Tidak ada ukuran dan batasan waktu yang pasti jika mengenai siklus haid ini

    Untuk informasi lebih lanjut, dapat anda buka link berikut ini:
    http://meetdoctor.com/article/8-penyebab-siklus-menstruasi-tak-teratur
    http://meetdoctor.com/article/mempercepat-datangnya-haid-dengan-alami

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Selamat malam.

    Tentunya tanda pasti dari seorang wanita hamil adalah harus dilakukannya test kehamilan, yang paling sederhana adalah test pack. Walaupun sebenarnya terdapat pula gejala kehamilan yang lainnya, namun hal ini buka merupakan tanda pasti. Gejala hamil dibagi menjadi dua,yaitu tanda pasti dan tanda tidak pasti. Tanda-tanda kehamilan tersebut berupa:

    1. Tanda Pasti, yaitu merupakan suatu tanda yang jika terdapat tanda ini maka sudah pasti anda hamil. Tanda pasti berupa pemeriksaan kehamilan, baik dengan pemeriksaan urin dan/atau pemeriksaan USG. JIka hasil pemeriksaan urin positif hamil dan saat USG terlihat adanya kantung dan bakal janin yang berada di rahim maka sudah pasti anda sedang hamil> Selain dua tanda itu, satu tanda hamil yang lain adalah jika perut membesar dan diiringi rasa adanya pergerakan janin di perut, namun untuk tanda tersebut baru dapat dinilai saat kehamilan lanjut (sekitar bulan ke 5).

    2. Tanda tidak pasti, yaitu gejala dan tanda yang sering dialami wanita saat sedang di awal kehamilan, namun jika seseorang memiliki satu atau beberapa tanda ini, maka belum tentu wanita itu hamil, karena gejala dan tanda ini dapat terjadi pada kondisi selain kehamilan. Tanda tidak pasti tersebut yaitu:
    - Telat menstruasi. Merupakan gejala awal yang membuat seseorang biasanya menyadari bahwa kemungkinan dia hamil. Namun telat menstruasi dapat terjadi karena banyak penyebab, seperti pada pemakaian kontrasepsi hormonal, saat stress, saat aktivitas fisik berlebih atau kelelahan, dll.
    - Spotting, atau terdapat bercak darah atau muncul darah hanya sesaat dan sering dikira sebagai darah menstruasi atau hanya bercak darah. Terjadi pada beberapa hari setelah konsepsi, yaitu saat bakal janin tertanam di dinding rahim dan menyebabkan luruhnya daerah dinding rahim tersebut.
    - Kram perut, juga dapat terjadi pada awal-awal kehamilan, dan sering disangka sebagai gejala akan munculnya menstruasi.
    - Morning sickness atau biasa dikenal dengan gejala mual-mual tanpa sebab yang jelas, dan cenderung lebih sering terjadi di pagi hari, namun dapat terjadi di sepanjang hari.
    - Perubahan payudara. Payudara terasa tegang, sensitif, pegal, terasa lebih besar/bengkak, terasa lebih berisi, dan daerah aerola di sekitar puting terlihat lebih gelap.
    - Peningkatan berat badan.
    - Perubahan mood, terjadi akibat kerja dari hormon saat kehamilan.
    - Lebih sering BAK
    - Konstipasi
    - Merasa lelah tanpa pencetus yang jelas. Biasa terjadi pada awal-awal bulan kehamilan.
    - Nyeri punggung
    - Pusing, lemas

    Untuk disebut sebagai hamil maka diperlukan terutama adanya tanda pasti kehamilan, yaitu hasil urin atau USG. Sering kali seorang wanita memiliki tanda pasti kehamilan, namun dia tidak merasakan adanya tanda-tanda tidak pasti kehamilan tersebut. Begitu juga sebaliknya, banyak juga wanita merasakan beberapa gejala/ tanda tidak pasti kehamilan tersebut namun setelah diperiksa ternyata tidak hamil, dan tanda tersebut merupakan akibat dari kondisi lain.

    Berikut terdapat artikel terkait :

    http://meetdoctor.com/article/tanda-tanda-kehamilan

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Selamat malam.

    Penebalan lapisan dinding rahim (endometrium) dapat disebabkan oleh hal yang normal (fisiologis) maupu kondisi medis tertentu (patologis).

    Penebalan dinding rahim yang normal terjadi karena setiap bulan endometrium akan tumbuh dan menebal sebagai respon terhadap perubahan hormonal untuk mempersiapkan diri terhadap kehamilan. Jika kehamilan tidak terjadi maka lapisan ini akan meluruh yang keluar sebagai darah menstruasi.

    Sedangkan penebalan endometrium yang tidak normal (patologis) dalam bahasa medis disebut dengan hiperplasia endometrium. Gejalanya dapat berupa siklus menstruasi tidak teratur, baik tidak terjadi menstruasi dalam jangka waktu lama ataupun terjadi menstruasi terus-menerus dengan peningkatan volume melebihi darah menstruasi.

    Sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan mengenai penebalan lapisan dinding rahim yang anda alami apakah termasuk hal yang normal atau tidak.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma