Profile
Fibrocystic Breast

Penebalan kelenjar payudara

Penebalan kelenjar payudara

Saya telah memeriksakan payudara saya.. Terdapat benjolan kecil.. dan payudara terasa sakit.. rasa nyut2 suka dtang tiba2 Namun menurut dokter, itu bukan sejenis tumor namun penebalan kelenjar payudara Pertanyaanya apakah penebalan ini jika tidak di obati akan bertumbuh menjadi tumor atau tidak.. dan makanan apa saja yg harus saya hindari.. Terimakasih...

Answers

3 answers

  • Selamat sore.

    Benjolan pada payudara dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, seperti:
    - Fibroadenoma mammae (FAM), yaitu benjolan berbentuk bulat, padat, kenyal, dapat bergerak bila ditekan, dan umumnya tidak nyeri.
    - Kista, yaitu benjolan berupa kantong berisi cairan yang terdapat pada payudara, bila ukurannya besar dapat menimbulkan rasa nyeri. - Perubahan fibrosistik, yaitu benjolan yang timbul akibat perubahan hormonal, dapat membesar/mengeras sebelum menstruasi dan umumnya terasa nyeri. 
    - Lemak nekrosis traumatik, yaitu benjolan yang muncul akibat benturan pada payudara, berbentuk bulat, padat, kencang, namun tidak nyeri. 
    - Kanker payudara, yaitu benjolan teraba keras, tidak bergeser bila ditekan, dan umumnya tidak nyeri. Pada kasus yang lanjut dapat timbul gejala yang lain seperti puting susu tertarik ke dalam, perubahan bentuk payudara, terbentuk luka yang mengeluarkan nanah serta darah, dan sebagainya. 

    Terkadang adanya benjolan pada payudara dipengaruhi oleh siklus menstruasi, karena kelenjar di payudara yang menjadi lebih besar saat menstruasi. Anda dapat meraba payudara setelah selesai masa menstruasi apakah masih terdapat benjolan atau tidak. Apabila masih terdapat benjolan, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis bedah untuk mengetahui penyebab pasti dari benjolan pada payudara anda.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Kata dokter yg menangani saya itu namanya mastitis yaitu penebalan kelenjar payudara..
    Apakah berbahaya mastitis ini atau bisa di obati dng mengkonsumsi obat dari dokter tersebut..
    Terimakasih..

  • Selamat malam,

    Apakah ibu saat ini sedang menyusui?

    Mastitis merupakan suatu proses peradangan pada satu atau lebih segmen payudara yang mungkin disertai infeksi atau tanpa infeksi. Dalam proses ini dikenal pula istilah stasis ASI, mastitis tanpa infeksi, dan mastitis terinfeksi. Apabila ASI menetap di bagian tertentu payudara, karena saluran tersumbat atau karena payudara bengkak, maka ini disebut stasis ASI. Bila ASI tidak juga dikeluarkan, akan terjadi peradangan jaringan payudara yang disebut mastitis tanpa infeksi, dan bila telah terinfeksi bakteri disebut mastitis terinfeksi.

    Faktor risiko terjadinya mastitis antara lain:
    - Terdapat riwayat mastitis pada anak sebelumnya.
    - Puting lecet.
    Puting lecet menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang membuat kebanyakan ibu menghindari pengosongan payudara secara sempurna.
    - Frekuensi menyusui yang jarang atau waktu menyusui yang pendek.
    Biasanya mulai terjadi pada malam hari saat ibu tidak memberikan bayinya minum sepanjang malam atau pada ibu yang menyusui dengan tergesa-gesa.
    - Pengosongan payudara yang tidak sempurna
    - Pelekatan bayi pada payudara yang kurang baik. Bayi yang hanya mengisap puting (tidak termasuk areola) menyebabkan puting terhimpit diantara gusi atau bibir sehingga aliran ASI tidak sempurna.
    - Ibu atau bayi sakit.
    - Frenulum pendek.
    - Produksi ASI yang terlalu banyak.
    - Berhenti menyusu secara cepat/ mendadak, misalnya saat bepergian.

    Apabila anda sedang menyusui, Ibu dianjurkan agar lebih sering menyusui dimulai dari payudara yang bermasalah. Tetapi bila ibu merasa sangat nyeri, ibu dapat mulai menyusui dari sisi payudara yang sehat, kemudian sesegera mungkin dipindahkan ke payudara bermasalah. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah ibu harus beristirahat, mengkonsumsi cairan yang adekuat dan nutrisi berimbang.

    Kompres hangat terutama saat menyusu akan sangat membantu mengalirkan ASI. Setelah menyusui atau memerah ASI, kompres dingin dapat dipakai untuk mengurangi nyeri dan bengkak. Pada payudara yang sangat bengkak kompres panas kadang membuat rasa nyeri bertambah. Pada kondisi ini kompres dingin justru membuat ibu lebih nyaman. Keputusan untuk memilih kompres panas atau dingin lebih tergantung pada kenyamanan ibu.

    Selai itu, Untuk pengobatannya, silakan mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu