Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Pengobatan Tinnitus

Pengobatan Tinnitus
Bandung

Selamat pagi dok, dok saya mengalami tinnitus sudah 4 bulan dan belum ada perbaikan, seminggu ini saya minum neurohax dan proseval yang diresepkan oleh spesialis saraf, setelah seminggu mengkonsumsi obat tersebut saya tidak merasakan perbaikan juga, apakah saya tetap harus minum obat tersebut dok karena obat tersebut diresepkan untuk 2 minggu?

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Seseorang yang mengalami kuping berdengung, disebut dengan tinnitus, merasakan adanya bunyi dengung di telinganya. Bunyi ini dapat terdengar secara singkat ataupun terus-menerus dengan volume yang berbeda-beda.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab telinga berdengung:
    - Penyebab paling umum adalah paparan lama terhadap suara kencang. Sekitar 90 persen kasus kuping berdengung memiliki gangguan pendengaran dengan varian yang berbeda. Hal ini diakibatkan oleh pajanan suara kencang secara terus-menerus yang menyebabkan kerusakan permanen pada sel koklea dalam telinga dalam. Kondisi ini berisiko dialami beberapa profesi yang biasa bergelut dengan suara kencang, seperti musisi rock, pilot, tukang kayu, atau tentara. Satu dentuman suara yang sangat kencang cukup untuk menyebabkan kuping berdengung.
    - Adanya penyumbatan atau infeksi pada saluran telinga. Kondisi ini dapat mereda dengan sendirinya begitu penyumbatan ditangani, tapi ada kalanya juga terus berlanjut.
    - Adanya tumor jinak pada saraf pendengaran.
    Proses penuaan alami yang memengaruhi bagian dalam telinga atau bagian lainnya.
    - Konsumsi beberapa jenis obat, seperti antibiotik, aspirin, obat bius, antidepresan, hingga anti peradangan.
    - Penyakit Meniere’s yang menyebabkan gangguan pada telinga dalam.
    - Cedera pada leher atau kepala.
    - Otosklerosis, menyebabkan kekakuan tulang kecil pada telinga bagian tengah.
    - Gangguan kesehatan tertentu, seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, anemia, alergi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif.
    - Gangguan pada leher atau rahang, seperti sindrom sendi temporomandibular.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda kembali ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu