Profile
Kesehatan Wanita

penyebab gatal dan obat gatal buat daerah kewanitaan

penyebab gatal dan obat gatal buat daerah kewanitaan

Malam dok, saya hikmah. Daerah kewanitaan saya gatal2 itu penyebabnya apa ya, terus obat apa yang aman saya pakai. terimakasih

Answers

1 answers

  • Selamat malam,

    Gatal pada vagina dapat terjadi karena satu atau kombinasi beberapa penyebab. Diperlukan pemeriksaan oleh dokter untuk mendeteksi kondisi yang menyebabkan gatal. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang dapat terjadi.

    Penggunaan bahan kimia: gatal dapat disebabkan iritasi vagina akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunaKan.

    Infeksi jamur/kandidiasis vagina: jamur yang tumbuh berlebihan pada vagina dan vulva. Infeksi ini lebih berisiko terjadi saat wanita sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan seksual, dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah. Selain gatal, jamur akan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental.

    Vaginosis bakteri: keberadaan bakteri-bakteri sehat pada vagina adalah hal yang normal. Namun bakteri jahat dapat menyebabkan infeksi dan rasa gatal. Selain gatal, umumnya vaginosis bakteri diiringi gejala seperti rasa perih, serta keluarnya cairan dan bau tidak sedap dari vagina.

    Penyakit menular seksual (PMS): herpes, klamidia, trikomoniasis, dan gonore.

    Menopause: turunnya produksi estrogen di akhir masa reproduksi wanita dapat menyebabkan dinding vagina menipis dan mengering, sehingga menyebabkan iritasi dan gatal. Selain pada lansia, kondisi ini dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui.

    Lichen sklerosis: bercak putih pada kulit sekitar kemaluan. Kondisi yang jarang terjadi ini umumnya dialami wanita pascamenopause. Penyakit kulit lain seperti eksim juga dapat menyebabkan gatal.

    Infeksi cacing kremi: lebih sering dialami oleh anak perempuan.

    Pra-kanker: gatal juga dapat menjadi gejala kulit kemaluan yang mengalami prakanker.

    Stres: meski jarang terjadi, namun kondisi emosional yang tidak stabil dapat menyebabkan sistem kekebalan menurun sehingga membuat tubuh lebih berisiko mengalami gatal dan iritasi.

    Iritasi pada vagina umumnya dapat membaik dengan sendirinya. Jika tidak, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
ASI ekslusif adalah pemberian ASI selama enam bulan pertama kehidupan bayi Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif Kejang demam atau step biasa terjadi pada anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun dengan kenaikan suhu di atas 38 derajat Penanganan Kejang Demam pada Anak yang Perlu Anda Ketahui