Profile
Jerawat

Perawatan wajah anak remaja

Perawatan wajah anak remaja
Sidoarjo

Dok aku mau tanya aku kan masih remaja umur 14 tahun, untuk aku perawatan wajah emang gk begitu penting tapi beberapa hari ini aku memiliki jerawat kecil yg sangat banyak di dahi ku dan dua jerawat besar di pipi dan dibawah mulut. Jujur dok aku minder dengan penampilan wajah ku. Em aku sih kalo buat cuci muka aku selalu pakai sabun mandi ya sabun buat badan itu loh dok em apa aku salah pakai sabun mandi buat cuci muka dok😦😦😦 Em pliiis dok kasih aku saranπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™‡πŸ™‡πŸ™‡

Answers

3 answers

  • Selamat malam

    Remaja seusia Anda memang rentan mengalami jerawat. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon selama masa pubertas yang bedampak pada bertambahnya produksi minyak pada kulit. Pertambahan produksi minyak dikombinasikan dengan penumpukan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori wajah. Pori-pori wajah yang tersumbat merupakan tempat yang baik bagi bakteri penyebab jerawat untuk tumbuh. Bintik-bintik pada wajah/ beruntusan yang Anda alami mungkin saja adalah komedo yang merupakan bagian dari jerawat. Selain komedo, bintik-bintik pada wajah juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi misalnya karena penggunaan produk perawatan wajah tertentu.

    Beberapa saran berikut dapat coba Anda terapkan:

    bersihkan wajah dua kali sehari dengan menggunakan pembersih wajah, jangan membersihkan wajah terlalu sering dan hindari menggosok wajah terlalu keras. Gunakan air dingin untuk membersihkan wajah Anda
    hindari menggunakan kosmetik yang tebal, jangan lupa untuk membersihkan wajah dari kosmetik sebelum tidur
    hindari penggunaan produk perawatan kulit yang berbahan dasar minyak, pilih produk yang berbahan dasar air
    hindari kebiasaan memecahkan jerawat
    perbanyak konsumsi makanan dengan gizi seimbang
    beristirahar dengan cukup
    berolahraga secara teratur
    coba kelola stres psikologis dengan baik
    Jika kondisi kulit Anda memburuk atau tidak membaik walaupun Anda sudah melakukan cara-cara di atas, silakan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut.

    Semoga membantu

  • Saya mau tanya dok, kallau obat atau sabun yang bagus untuk berjerawat apa namanya dok ?

  • Selamat malam

    Facial wash yang baik adalah pembersih wajah yang menghilangkan kotoran dan bekas make up, tanpa menghilangkan kelembaban dan sel-sel kulit yang masih sehat, serta pastinya cocok dengan jenis kulit Anda. Namun tidak jarang wanita keliru dalam menggunakan facial wash, sehingga menyebabkan kulit wajahnya menjadi kering atau bahkan iritasi. Maka dari itu, pilihlah sabun muka yang memang cocok untuk jenis kulit wajah. Untuk jenis wajah kering, sebaiknya gunakan facial wash yang berbentuk krim dan mengandung pelembab yang tinggi. Sementara bagi yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan facial wash yang mengandung busa dan berbentuk gel. Selain itu seminggu sekali juga boleh dilakukan tindakan scrub pada wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, namun sebaiknya tindakan ini dhindari bila kulit wajah sedang mengalami jerawat atau iritasi.
    Selain itu, hindari penggunaan facial wash yang wangi karena bisa saja produk tersebut mengandung pengharum buatan yang bisa memicu iritasi kulit, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Sebaiknya pilih sabun pencuci wajah dengan aroma yang alami.
    Selain dengan menggunakan facial wash, penting juga diketahui bagaimana cara mencuci wajah yang benar. Mencuci wajah merupakan salah satu cara untuk membuat kulit tetap bersih dan cerah. Namun mencuci wajah justru dapat menimbulkan masalah-masalah kulit seperti kulit kering, berminyak dan iritasi, jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Meskipun terlihat sepele, mencuci wajah juga harus menggunakan teknik yang benar agar selain bersih, kesehatan kulit wajah tetap terjaga.
    Langkah-langkah mencuci wajah dengan benar antara lain:
    -. Cucilah tangan sebelum mencuci wajah. Menuangkan facial wash ke tangan yang masih dalam keadaan kotor dan kemudian mengusapnya ke wajah, tidak akan membuat wajah benar-benar bersih. Sabun cuci muka tersebut akan bercampur dengan kotoran dan bakteri yang masih tersisa pada tangan yang kotor dan kemudian dapat dengan mudah berpindah ke wajah.
    - Jangan mencuci wajah terlalu sering. Terlalu sering mencuci wajah justru tidak baik untuk kesehatan kulit karena akan membuatnya menjadi kering dan iritasi. Bahkan untuk jenis kulit wajah berminyak, kulit akan semakin banyak memproduksi minyak jika dicuci terlalu sering. Untuk itu, cukup mencuci wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari.
    - Membilas dengan bersih. Bekas sabun yang tertinggal saat tidak dibilas dengan bersih menjadi salah satu penyebab kulit kering dan iritasi pada wajah. Disamping itu, sisa sabun juga dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.
    - Jangan menggosok wajah terlalu keras dengan handuk. Hal tersebut hanya akan membuat mengalami iritasi serta cepat keriput dan kehilangan elastisitasnya karena tertarik oleh handuk. Cara terbaik untuk mengeringkan wajah adalah dengan menepuk-nepuknya secara lembut dengan menggunakan handuk bersih. Selain itu, hindari menggunakan handuk yang sama dengan handuk mandi untuk wajah. Sebaiknya siapkan handuk khusus untuk mencuci wajah.
    - Gunakan pelembab. Untuk hasil maksimal, aplikasikanlah pelembab pada wajah langsung setelah wajah dicuci dan dikeringkan, jangan menunggu kulit hingga benar-benar kering. Menggunakan pelembab secara langsung akan membantu pelembab tersebut menyerap secara maksimal sehingga kelembaban kulit pun akan tetap terjaga. Untuk kulit berminyak sebaiknya hindari penggunaan produk wajah yang berbasis minyak, gunakan yang oil free atau berbasis air. Biasanya pelembab jenis ini berbentuk seperti gel.
    Selain hal-hal tersebut, hindari pula konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak seperi gorengan dan makanan cepat saji. Perbanyak konsumsi air putih, sayur, buah-buahan, dan olahraga teratur. Bila memang minyak di wajah sangat menganggu, Anda juga bisa menggunakan face paper yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan