Profile
Myopia

Perbedaan nilai AXIS apakah berpengaruh?

Perbedaan nilai AXIS apakah berpengaruh?

Halo salam. 1 bulan yang lalu saya membeli kacamata baru, setelah dilakukan pemeriksaan di toko kacamata tersebut hasil angka AXIS yang tercantum adalah 170 derajat. Sedangkan pada kacamata lama saya angka AXIS yang tercantum 180 derajat. Ada perbedaan 10 derajat. Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan: 1. Apakah ada dampak/pengaruh yang ditimbulkan dari perbedaan nilai angka AXIS pada kacamata saya tersebut? 2. Apakah lazim perbedaan angka AXIS saya tersebut? 2. Apakah mata silinder dapat kembali sehat tanpa melalui operasi? 3. Pada mata silinder apakah diharuskan rutin menggunakan kamacata? Terima kasih untuk jawaban yang diberikan.

Answers

1 answers

  • Selamat sore

    Mata silinder (astigmatisma) disebabkan karena permukaan kornea yang tidak rata sehingga bayangan yang terbentuk pada retina menjadi tersebar, tidak menuju pada satu titik fokus dan menyebabkan kaburnya pandangan. Penyebab dari astigmatisma dapat disebabkan karena beberapa kondisi seperti :

    Didapat sejak lahir
    Infeksi sehingga terjadinya jaringan parut pada kornea
    Dilakukan operasi mata sehingga terdapat perubahan permukaan kornea

    Pada mata silinder, tidak selalu memiliki kelemahan tajam penglihatan yang sama. Angka penurunan tajam penglihatan dapat berbeda baik pada mata kanan ataupun mata kiri dan axis yang didapatkan juga dapat berbeda sehingga sangat wajar untuk didapatkan perbedaan angka koreksi pada kedua mata.

    Sebaiknya apabila masih dirasakan ketidak nyamanan pada penggunaan kacamata untuk mengkoreksi tajam penglihatan, lakukanlah kontrol ulang ke dokter spesialis mata tempat anda melakukan pemeriksaan sehingga dapat dilakukan evaluasi terhadap hasil pengkoreksian yang tidak nyaman pada mata dan menimbulkan keluhan.

    Sementara itu, beberapa anjuran yang dapat dilakukan pada terjadinya penurunan tajam penglihatan diantaranya :

    Jika anda bekerja di depan layar monitor dalam waktu yang lama istirahatkanlah mata anda sekitar 5-10 menit setiap 2 jam anda memandang layar monitor.
    Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan mata terutama untuk kesehatan retina karena vitamin A digunakan dalam melakukan proses melihat pada retina.
    Jarak dari mata ke layar monitor atau gadget setidaknya 30cm
    Hindari penggunaan laptop atau komputer di ruangan yang gelap
    Pastikan pencahayaan di ruangan anda cukup pada saat menggunakan monitor.

    Sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Myopia ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami