Profile
Hamil

Perkembangan Perut Ibu Hamil

Perkembangan Perut Ibu Hamil

Siang dok, mau tanya untuk ibu hamil perkembangan perutnya dimulai dari bawah pusar diatas batas karet celana dalam / dibawahnya ya dok ?

Answers

7 answers

  • Selamat siang.

    Membesarnya ukuran perut dalam kondisi kehamilan dikarenakan oleh pembesaran uterus (rahim) yang semakin membesar seiring dengan perkembangan janin yang semakin besar pula. Pembesaran perut dimulai pada bagian kandung kemih (di atas area vagina), kemudian akan semakin membesar ke bagian atas. Selalu berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan kondisi kehamilan anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi anda. 

  • Selamat siang,

    Saya mau tanya dok kemarin usia kehamilan saya 6minggu, lalu minggu ke 8 saya mengeluarkan darah seperti darah haid tp ketika saya buang air kecil, saya pakaikan pembalut malah tidak keluar darahnya, sebelumnya pada masa kehamilan saya dan sebelum saya hamil pun saya sering keputihan tidak wajar, setelah hamil volume keputihan saya lebih banyak, darah yg seperti darah haid trsbt hanya keluar dlm 1 hari selanjutnya tidak ada pendarahan lg, tp mengapa saya jd lemas mual muntah dll ya dok smpai saya sulit untuk bangun maunya berbaring trs, yg mau saya tanyakan bagaimana kondisi kehamilan saya krn saya blm smpat cek USG dikarnakan bdn saya blm kuat untuk keluar rumah. Trims dok.

  • Selamat malam,

    Ada banyak penyebab perdarahan pada usia kehamilan muda, mulai dari keguguran, hamil anggur, hamil diluar kandungan, sampai kehamilan kosong. Untuk keguguran sendiri ada yang masih berupa ancaman (imminens) yang masih bisa dipertahankan, sampai pada keguguran yang telah berlangsung (insipiens), tidak lengkap (inkomplit) dan lengkap (komplit) yang ketiganya tidak dapat dipertahankan lagi.

    Hal lain yang lebih penting (bahkan mungkin yang terpenting) pada suatu ancaman keguguran adalah bed rest total. Untuk saat ini anda perlu beristirahat total, jangan terlalu banyak beraktifas terlebih dahulu.

    Anda perlu kontrol ke dokter kandungan anda sesegera mungkin untuk menilai kondisi kandungan anda.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

  • Dok say,mau tanya ,saya telat haid 8 hari pa itu hamil,so kemarin sblm saya haid ke luar flet coklat,lalu berapa hari cairan putih seperti telur,apa itu ciri hamil atau tidak

  • Selamat pagi..
    Sebagian wanita yang mengalami kehamilan memang dapat mengalami perdarahan/pengeluaran flek pada awal masa kehamilan yang disebut sebagai perdarahan implantasi, yaitu perdarahan yang terjadi pada saat penanaman janin pada dinding rahim.

    Perdarahan implantasi terjadi 7-14 hari setelah pembuahan dan umumnya hanya berlangsung selama 1-2 hari. Karena perdarahan ini terjadi di sekitar waktu di mana seorang wanita harusnya mendapatkan menstruasi, maka sebagian wanita kadangkala keliru mengenali perdarahan implantasi sebagai menstruasi. Namun umumnya perdarahan implantasi berlangsung lebih singkat dan darah yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan menstruasi biasa.

    Namun demikian, perdarahan implantasi tidak selalu dialami oleh setiap wanita hamil. Oleh karena itu perdarahan implantasi tidak dapat menjadi patokan untuk menentukan ada atau tidaknya kehamilan.

    Pada dasarnya kehamilan tidak dapat ditentukan semata-mata berdasarkan gejala yang timbul, namun diperlukan pemeriksaan medis untuk mendeteksi dan memastikannya, yaitu melalui tes urine, tes darah, dan USG

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/mobile/article/kenali-tanda-ibu-hamil
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Malam dok,8 hari saya gk haid,tiba hari ke 9 saya ke luar darah,,lalu saya pakai kotex tapi gk ke luar lg,itu knp ya dok

  • Selamat pagi

    Perdarahan di luar siklus haid dapat disebabkan oleh:
    - Efek samping KB
    - Hamil / keguguran yang tak disadari
    - Perdarahan seusai hubungan seks
    - Perdarahan dari lubang kencing (mis. karena infeksi saluran kemih, batu kandung kemih)
    - Perdarahan dari anus, misalnya karena wasir
    - Polip rahim
    - Miom
    - Endometriosis
    - Kista ovarium
    - Sindrom ovarium polikistik

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya USG sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat