Profile
Luka Bakar

Pertanyaan tentang luka bakar

Pertanyaan tentang luka bakar

Dok, kakak saya beberapa hari lalu terkena luka bakar, disebabkan karena ada sampah yang meledak sehingga kakak saya terkena api nya Apakah luka bakar itu bisa hilang nanti tanpa ada bekas luka? Dan apakah nanti kulit wajah nya bisa kembali seperti semula ? Terima kasih dok

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Pada prinsipnya penanganan luka bakar adalah dengan perawatan luka yang baik dan benar. Luka harus dirawat dengan menggunakan cairan infus normal salin lalu dilakukan kompres basah pada luka. Pemberian obat-obatan juga akan dilakukan berdasarkan derajat luka yang dialami, baik secara topikal atau obat sistemik.

    Untuk mengetahui bagaimanakah kemungkinan penyembuhan pada luka wajah kakak anda harus dilakukan penilaian kondisi luka, dan lama penyembuhan dan juga bekas yang ditimbulkan tergantung dari beratnya luka, dalam atau luasnya luka. Untuk menilai kondisi kulit kakak anda dan agar dilakukan perawatan luka yang baik maka sebaiknya kakak anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter kulit agar dilakukan terapi yang tepat.

    Mengenai penyembuhan bekas luka akan sangat tergantung pada seberapa parah luka yang anda alami dan seberapa dalam luka tersebut. Jika hanya luka bakar hanya tipis saja mengenai lapisan kulit, maka penyembuhannya akan lebih cepat dan relatif tidak menimbulkan bekas misalnya seperti luka bakar derajat 1 (sun burn akibat kulit terbakar sinar matahari) namun memerlukan waktu agar kulit seperti semula. Namun jika lukanya lebih dalam yakni luka bakar derajat 2 hingga 4, maka akan menyebabkan penyembuhan luka lebih lama dan kemungkinkan menimbulkan bekas baik jaringan parut atau perbedaan warna kulit.

    Untuk mendapat terapi yang sesuai dan langkah terapi yang dapat ditempuh untuk mengatasi bekas luka bakar, maka sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter kulit. Terapi menghilangkan bekas luka bakar dapat beragam tergantung derajat lukanya, bisa dengan produk perawatan khusus, dermabrasi, laser, dll jadi harus dikonsultasikan ke dokter kulit. Kakak Anda juga disarankan konsumsi makanan yang kaya dengan vitamin C dan E. Usahakan jangan menggunakan zat-zat lain yang kemungkinan dapat memperparah luka.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Luka Bakar ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya