Profile
Tulang, Sendi dan Otot

pertumbuhan

pertumbuhan

dok, saya umur 17 tahun dan saya ada genetik nenek saya pendek. sekarang tinggi saya 145, apa saya masih bisa tinggi? beri solusi nya ya dok

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Tinggi badan anda sebenarnya dipengaruhi oleh genetik juga, yaitu dari tinggi badan orang tua. Tinggi anda apakah sesuai dengan orang tua anda, bisa dihitung dengan tinggi potensial genetik. Tinggi Potensi Genetik (TPG) adalah perkiraan tinggi akhir (tinggi dewasa) anak yang dihitung berdasarkan tinggi badan orang tua.
    TPG anak laki-laki = ((TB ibu (cm) + 13 cm) + TB ayah (cm))/2 ± 8,5 cm
    TPG anak perempuan = ((TB ayah (cm) - 13 cm) + TB ibu (cm))/2 ± 8,5 cm
    Bila tinggi anda sekarang sudah termasuk dalam range tersebut, maka anda tidak perlu khawatir, berarti tinggi badan anda sudah sesuai.

    Tinggi badan sebenarnya selain bergantung dari faktor genetik ada juga pengaruh asupan nutrisi, dan lempeng epifisis. Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya protein dan kalsium serta rajin olahraga, hal tersebut sangat baik untuk menunjang pertumbuhan tulang. Satu lagi yang berperan dalam pertumbuhan tulang yaitu lempeng epifisis. Selama bagian lempeng epifisis belum tertutup, maka masih akan selalu ada kemungkinan tubuh seseorang bertambah tinggi lagi. Pada anak perempuan perkembangan jumlah hormon relatif lebih cepat, hingga pada akhirnya penutupan lempeng epifisis juga terjadi lebih cepat daripada pria. Bila lempeng epifisis anda belum tertutup, maka masih ada kemungkinan untuk bertambah tinggi lagi. Tidak disarankan konsumsi obat-obatan tanpa instruksi dari dokter.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Tulang, Sendi dan Otot ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif