Profile
Fibrocystic Breast

Pertumbuhan payudara terhambat setelah operasi FAM

Pertumbuhan payudara terhambat setelah operasi FAM

Siang Dok, saya mau tanya apakah operasi tumor jinak pada payudara dapat menghambat pertumbuhan payudara? usia saya sekarang 18 tahun, pernah operasi FAM saat usia 9 tahun di payudara kiri, kemudian sekarang pertumbuhan payudara sebelah kiri seperti terhambat dan memiliki perbedaan ukuran yang sangat jauh dengan yang sebelah kanan. Pertanyaannya apakah itu berbahaya atau menunjukan indikasi penyakit? Kemudian bagaimana untuk mengatasinya? Apakah bisa normal? Terimakasih sebelumnya, mohon jawabannya.

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Kesimetrisan antara kiri dan kanan secara mutlak pada tubuh manusia hampir tidak mungkin. Begitu juga pada payudara wanita, ukuran payudara antara kiri dan kanan tidak sama besar. Berdasarkan statistik, kebanyakan populasi wanita memiliki payudara sebelah kiri cenderung sedikit lebih besar dibandingkan sebelah kanan. Penyebab pastinya tidak diketahui, namun diduga faktor hormonal berperan disini.

    Operasi FAM umumnya tidak mempengaruhi pertumbuhan payudara.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor
Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui pneumonia adalah istilah umum untuk infeksi paru-paru dengan gejala batuk dan demam. Gejala Pneumonia Pada Bayi yang Perlu Anda Waspadai