Profile
Fibrocystic Breast

Pertumbuhan payudara terhambat setelah operasi FAM

Pertumbuhan payudara terhambat setelah operasi FAM

Siang Dok, saya mau tanya apakah operasi tumor jinak pada payudara dapat menghambat pertumbuhan payudara? usia saya sekarang 18 tahun, pernah operasi FAM saat usia 9 tahun di payudara kiri, kemudian sekarang pertumbuhan payudara sebelah kiri seperti terhambat dan memiliki perbedaan ukuran yang sangat jauh dengan yang sebelah kanan. Pertanyaannya apakah itu berbahaya atau menunjukan indikasi penyakit? Kemudian bagaimana untuk mengatasinya? Apakah bisa normal? Terimakasih sebelumnya, mohon jawabannya.

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Kesimetrisan antara kiri dan kanan secara mutlak pada tubuh manusia hampir tidak mungkin. Begitu juga pada payudara wanita, ukuran payudara antara kiri dan kanan tidak sama besar. Berdasarkan statistik, kebanyakan populasi wanita memiliki payudara sebelah kiri cenderung sedikit lebih besar dibandingkan sebelah kanan. Penyebab pastinya tidak diketahui, namun diduga faktor hormonal berperan disini.

    Operasi FAM umumnya tidak mempengaruhi pertumbuhan payudara.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor

Popular Article

Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan nyeri kepala berdenyut yang umumnya hanya mengenai satu sisi kepala saja. Meski demikian, lama-kelamaan rasa sakit tersebut dapat menyebar ke dua sisi kepala. 5 Tanda Migrain yang Perlu Diwaspadai