Profile
Kesehatan Wanita

perut nyeri berdenyut bagian bawah sebelah kiri

perut nyeri berdenyut bagian bawah sebelah kiri
Medan

Dok saya umur24 tahun,saya ada keluhan nyeri dan berdenyut denyut di perit bagian bawah sebelah kiri kadang2 hilang nanti timbul lagi kalau saya tekan seperti ada yang trasa benjol dan lari gitu,kalau sebelah kana gk ada trasa,kenapa ini dok?apakah setiap wanita ada seperti itu di perut bagian bawah sebelah kiri???

Answers

6 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Dear,

    Apakah anda mempunyai riwayat sakit maag / lambung sebelumnya ?

    Apakah anda mempunyai riwayat nyeri pada saat haid ? atau haid yang tidak teratur ?

    Cobalah untuk menjawab pertanyaan di atas terlebih dahulu, supaya saya bisa memberikan saran yg lebih tepat untuk anda.

    Terima kasih

  • Dok saya memang mempunyai riwayat sakit maag dan nyeri pada saat haid,dulu setiap haid pasti nyeri karna tidak tahan sakit saya minum obat penahan skit yang di jual di apotik terdekat,beberapa bulan kemaren tidak begitu nyeri masih bisa di tahan palingan 1 hari pada saat haid pertama,

  • Sakit apa itu dok?

  • Dok, saya punya suami umur 33 tahun, setiap kali buang air besar kadang mengeluarkan darah dari anusnya, n sekali pernah juga saat sedang jongkok tiba-tiba dari anusnya mengeluarkan darah seperti menstruasi, itu kenapanya dok???

  • Selamat pagi,

    Penyebab rasa sakit perut sebelah kiri sangat beragam. Nyeri perut kiri bawah biasanya terkait dengan saluran pencernaan. Namun, kondisi ini juga dapat berhubungan dengan masalah pada kulit, organ reproduksi, saluran kemih, dinding perut atau pembuluh darah.

    Daerah perut sebelah kiri bawah terdiri dari usus besar (desenden), ovarium kiri, ginjal kiri, kolon sigmoid, ureter kiri, korda spermatika kiri, rahim dan kandung kemih. Setiap adanya masalah pada organ dalam ini akan menimbulkan sakit perut sebelah kiri bawah.

    Nyeri perut kiri bawah pada orang dewasa paling sering disebabkan oleh
    - peradangan kantung usus (divertikulitis)
    - penyakit Chron
    - radang permukaan usus (enteritis)
    - radang usus yang disertai luka (kolitis ulseratif)
    - pecahnya usus (ruptur kolon)
    - sumbatan usus (akibat tumor usus, gumpalan feses).
    - Batu pada saluran kemih
    - infeksi pada saluran kemih
    - nyeri otot perut

    Selain itu nyeri perut kiri bawah pada wanita juga bisa berhubungan dengan gangguan organ reproduksi antara lain nyeri haid, adanya jaringan rahim di luar rahim (endometriosis), kista indung telur, serta peradangan atau infeksi pada indung telur, rahim, atau mulut rahim.

    Gejala tambahan sangat bervariasi tergantung penyebab dasar nyeri perut. Penanganan sakit perut sebelah kiri harus disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika sakit perut berkelanjutan, bertambah parah atau disertai gejala-gejala lain seperti demam, muntah-muntah, diare, kesulitan buang air kecil, nyeri berkemih, bab berdarah, perdarahan diluar haid, dll.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/article/kenali-penyebab-nyeri-perut

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Selamat pagi,
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor.

    Sebelumnya warna apa darah yang keluar melalui anus? apakah bercampur dengan tinja? apakah disertai dengan gejala tambahan lainnya seperti nyeri perut, nyeri pada dubur, adanya benjolan yang keluar dari dubur?bagaimana dengan pola bab (frekuensi dan konsistensi tinja)?

    Buang air besar berdarah ditandai dengan terdapatnya darah dalam feses/tinja itu artinya terdapat perdarahan di suatu tempat pada saluran pencernaan. Perdarahan yang terjadi saluran pencernaan bagian atas dapat membuat tinja tampak berwarna kehitaman sedangkan perdarahan saluran cerna bagian bawah ditandai dengan keluarnya darah berwarna merah terang saat bab.

    Dua penyakit yang sering menjadi penyebab utama buang air besar disertai darah adalah
    1. wasir (ambeien/hemoroid) dan fissura ani. Wasir adalah pembesaran pembuluh darah vena yang menjadi rapuh pada daerah rektum (sisi dalam dari anus) sehingga mudah berdarah. Buang air besar berdarah dapat disertai rasa sakit ataupun tidak, biasanya darah sampai menetes setelah tinja keluar.

    2.Fissura Ani adalah robekan pada lapisan anus bagian dalam sehingga ketika feses keluar darah ikut keluar. Biasanya disertai rasa sakit atau panas ketika buang air besar.

    Kedua penyebab di atas menyebabkan darah yang keluar berwarna merah segar. Sedangkan darah yang berwarna hitam berasal dari pencernaan bagian atas yaitu lambung ke atas. Penyebab buang Air besar berdarah lainnya yang lebih jarang antara lain: kanker usus besar, polip usus, kolitis, dan diverticulosis.

    Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kedokter untuk mengetahui penyebab bab berdarah yang berulang dan mendapatkan penanganan yang tepat. Segeralah mendapatkan pertolongan medis (UGD) bila darah yang keluar begitu banyak dan Anda merasa lemas.

    Berikut beberapa tips untuk mencegah bab berdarah :
    - Perbanyak Minum air putih minimal 8 gelas perhari
    - Perbanyak Makanana berserat tinggi contohnya sayuran dan buah-buahan
    - Berolahraga teratur untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat
    - Hindari makanan peda
    - Hindari makanan atau minuman ber alkohol dan ber kafein
    - Hindari makanan olahan dan junk food

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Bahaya merokok bagi kesehatan, selain kanker, juga bisa mempercepat penuaan dan masalah seksual. Tidak hanya perokok aktif yang mendapatan efek negatif rokok. Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu