Profile
Infeksi

Prosedur appendicografi yang bersumber dari buku internasional

Prosedur appendicografi yang bersumber dari buku internasional
Jakarta

Dok, ada salah satu dokter spesialis radiologi dari RS. S yang meminta ke saya untuk mencari prosedur pemeriksaan appendicografi yang bersumber dari buku internasional. Kira-kira dari buku apa ya dok? Mohon bantuannya, terimakasih

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Appendicogram adalah suatu metode pemeriksaan diagnostik untuk mengetahui apakah seseorang menderita appendisitis (radang usus buntu).

    Pada pemeriksaan appendicogram, pasien akan meminum larutan barium 12 jam sebelum pemeriksaan. Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan x-ray untuk melihat apakah cairan tersebut mengisi usus buntu atau tidak.

    Terkadang hasil temuan pada USG tidak cukup spesifik untuk menyingkirkan diagnosa usus buntu, sehingga kadang dokter merasa perlu untuk menambah metode diagnosa dengan cara pemeriksaan radiologi yaitu appendicogram.

    Jika hasil appendicogram, cairan tidak mengisi usus buntu (non-filling) maka kemungkinan besar pasien menderita radang usus buntu dan biasanya akan ditindaklanjuti dengan operasi.
    Jika hasil appendicogram terlihat cairan mengisi appendix, maka kemungkinan besar kondisi usus buntu pasien normal.

    Anda dapat mencari referensi mengenai prosedur ini secara detail pada textbook kedokteran khususnya di bidang radiologi di perpustakaan yang menyediakan buku kedokteran.

    Beberapa textbook yang bisa coba anda cari yaitu:
    -Primer of Diagnostic Imaging by Ralph Weissleder; Jack Wittenberg; Mukesh Mgh Harisinghani; John W. Chen
    -Gastrointestinal Imaging: The Requisites by Giles W. Boland
    -Mayo Clinic Gastrointestinal Imaging Review by C. Daniel Johnson
    -dll
    Anda bisa mencoba mencari buku tersebut atau buku radiologi lainnya untuk memastikan apakah ada langkah detai appendicogram di dalamnya.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi ?
Ask Doctor
Nyeri ulu hati bisa berasal dari lambung, paru-paru, jantung dan usus buntu. Kenali ulu hati yang berbahaya dan tidak. Nyeri Ulu Hati, Berbahayakah? Kebiasaan makan kita memengaruhi berat badan. Beberapa kebiasaan makan kita ini sebaiknya dihindari karena berpotensi menaikkan bobot tubuh. 5 Kesalahan Pola Makan yang Masih Sering Kita Lakukan