Profile
Serangan Panik (Panic Attack)

Pusar

Pusar
Bengkulu

Selamat malam dok. Saya mau nanya apa penyebab bentol2 kecil kemerahan yang ada diperut Itu menjadi sangat gatal dan pusar saya gatal, mengeluarkan air dan berbau busuk. Bagaimana cara mengatasinya dok

Answers

9 answers

  • Selamat malam.

    Pusar yang gatal dapat mengindikasikan adanya :
    - Alergi terhadap produk yang digunakan.
    - Iritasi dari produk yang digunakan untuk membersihkan pusar.
    -Infeksi karena membersihkan pusar terlalu kuat sehingga terjadi luka gores halus didaerah pusar dan menjadi tempat infeksi.
    - Infeksi oleh jamur.

    Pusar memiliki sendiri mekanisme pertahanannya berupa sekret minyak dan flora normal dari pusar tersebut. Apabila terlalu sering membersihkan pusat dikhawatirkan merusak suasana alami tersebut dan meningkatkan risiko infeksi pada daerah pusar. Tanda bahwa pusar mengalami infeksi umumnya :
    - Gambaran kulit yang memerah.
    - Bau busuk yang keluar.
    - Bernanah.
    - Demam.

    Banyak kemungkinan dapat terjadi dengan gejala bau yang tidak sedap dan rasa gatal dari pusar. Oleh karenanya diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk menentukan sebab penyakit. Jangan ragu konsultasikan keluhan Anda ke dokter. Berikut kami lampirkan tautan diskusi mengenai masalah yang timbul pada pusar.

    Beberapa anjuran untuk anda:
    - Hindari menggaruk pusar Anda yang bisa menyebabkan infeksi sekunder.
    - Kompres dingin pusar.
    - Minum obat pereda gatal dan anti nyeri jika perlu.
    - Bersihkan dengan cairan antiseptik dan hindari menggosok terlalu kuat.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Terimakasih dok. Tapi saya ingin bertanya lagi tentang penyakit kaskus. Apa yang menyebabkan penyakit kaskus itu dapat terjadi padahal saya selalu menjaga kebersihan dan tidak bermain di tmpt yang kotor, lembab ataupun pasir dan tidak bermain dengan anjing maupun kucing. Menjalar seperti akar di paha saya dok. Apakah penyakit ini berbahaya? Apakah bekas penyakit kaskus pada paha saya dapat hilang dok?

  • Selamat malam,

    Tidak ada istilah penyakit kaskus di dalam dunia medis, mungkin yang anda maksudkan adalah penyakit kulit tinea? Apakah gejalanya terbentuk lesi kemerahan dengan batas tegas dan terasa gatal?

    Tinea cruris adalah infeksi jamur pada kulit sekitar selangkangan. Gejalanya antara lain:

    Gatal pada selangkangan yang dapat menjalar pada sekitar kelamin.
    Disertai bercak kemerahan.
    Gatal menghebat saat berkeringat atau cuaca panas.

    Pengobatannya adalah dengan antijamur selama minimal 14 hari, pengobatan antijamur dapat berupa salep/topikal dan obat minum. Salep antijamur misal miconazole, ketokonazole yang dioleskan secara merata pada bagian bercak kemerahan. Pada infeksi jamur yang luas, mungkin diperlukan juga kombinasi dengan antijamur obat minum.

    Selain itu menjaga kebersihan selangkangan dengan cara:

    Tidak bertukar celana dalam dengan orang lain
    Keringkan selangkangan bila berkeringat
    Segera ganti celana dalam bila sudah lembab dan langsung mencucinya
    Mengurangi berat badan bila berlebih
    Hindari keringat berlebih atau cuaca panas
    Tidak menggunakan celana yang ketat dan terlalu tebal.

    Sebaiknya periksakan diri Anda pada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung sehingga mendapatkan penanganan lebih tepat.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

  • Terimakasih dok. Tapi saya ingin bertanya lagi tentang penyakit cacing kulit. Apa yang menyebabkan penyakit tersebut dapat terjadi padahal saya selalu menjaga kebersihan dan tidak bermain di tmpt yang kotor, lembab ataupun pasir dan tidak bermain dengan anjing maupun kucing. Menjalar seperti akar di paha saya dok. Apakah penyakit ini berbahaya? Apakah bekas penyakit cacing kulit pada paha saya dapat hilang dok?

  • Selamat pagi.

    Penyakit larva kulit (Cutaneous Larva Migrans) merupakan kondisi masuknya larva cacing tambang ke bawah kulit, biasanya ketika seseorang melakukan aktivitas di luar ruangan yang melibatkan lumpur/tanah yang terkontaminasi kotoran anjing/kucing yang menderita cacingan. Sebenarnya larva  cacing yang masuk ke kulit tidak dapat menembus ke bagian kulit yang lebih dalam dan dalam 4 sampai 8 minggu, ia akan mati dengan sendirinya. Larva cacing yang masuk ke dalam kulit biasanya akan membentuk terowongan berkelok-kelok, yang lebih tinggi dari kulit di sekitarnya, sedikit kemerahan dan kadang menimbulkan rasa gatal/tidak nyaman. Keluhan ini paling sering terdapat di anggota tubuh yang kontak dengan tanah seperti kaki, tangan dan paha.

    Rasa gatal yang muncul  dan mengganggu biasanya diakibatkan oleh reaksi kekebalan tubuh terhadap adanya larva. Sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan dan daapat diketahui penyebabnya apakah benar-benar cutaneous larva migrans atau bukan.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.


  • Selamat malam dok saya mau tanya, kemarin saya cabut kuku jari manis saya tangan bagian kanan, menyebabkan kuku saya tumbuh seperti ada daging kecil di sela kuku bengkak, berwarna ungu dan nyeri sakit
    Bagaimana solusinya dan apa yg harus saya lakukan dok?
    Terima kasih

  • Selamat pagi,

    Cantengan adalah kondisi dimana ujung jari bengkak, nyeri dan berwarna kemerahan yang disebabkan pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Cantengan paling sering terjadi pada ibu jari. Banyak faktor yang menyebabkan sisi kuku tumbuh ke dalam, antara lain:

    mengenakan kaus kaki atau sepatu yang sempit
    memotong kuku terlalu pendek
    merapikan tepian kuku tidak rata
    cidera/trauma
    memiliki kuku yang secara alami memang tumbuh ke dalam

    Cantengan yang muncul secara berulang akan menimbulkan peradangan kronis, yang pada akhirnya membentuk suatu benjolan (granuloma) pada ujung jari. Benjolan inilah yang selalu membuat cantengan Anda muncul berulang. Untuk mengatasinya diperlukan tindakan operasi bedah minor. Tindakan yang dilakukan adalah pembuangan kuku dan membuang benjolan di jari bertujuan untuk kembali meratakan tepian jari sehingga kuku dapat tumbuh kembali secara normal. Untuk mendapatkan tindakan ini Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter bedah.

    Berikut TIPS dari kami untuk mengatasi cantengan Anda saat ini:

    membasuh kuku dengan air hangat dan sabun rutin setiap hari
    minum pengobatan anti radang dan antibiotik (resep dokter)
    menggunakan sepatu longgar
    hindari paparan debu
    melakukan operasi disaat peradangan kuku sudah hilang

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

  • Siang dok, saya mau nanya. Saya sudah dua hari mengalami gatal2 di bagian belakang badan saya dok. Bentol2 kecil kemerahan tapi tidak berisi cairan air atau apapun didalam bentolannya dok. Apa yang harus saya lakukan dok

  • dr. Rizka Amelia dr. Rizka Amelia Dokter Umum

    Selamat sore,

    Timbulnya gatal-gatal pada kulit disertai dengan adanya ruam pada kulit berupa bentol kemerahan dapat terjadi akibat berbagai macam kondisi. Untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab dari keluhan yang Anda alami tersebut diperlukan adanya pemeriksaan secara langsung oleh dokter umum / dokter spesialis kulit. Karena dokter perlu untuk mengetahui riwayat lengkap keluhan Anda serta melihat dan memeriksa secara langsung bentuk morfologi serta persebaran dari lesi pada kulit Anda tersebut. Jika diperlukan dokter juga akan menyarankan pemeriksaan penunjang seperti tes kerok kulit, tes tinta, dan lainnya. Jika penyebab telah diketahui maka penanganan yang terbaik dapat segera diberikan oleh dokter.

    Sekian semoga membantu. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Serangan Panik (Panic Attack) ?
Ask Doctor
Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu