Profile
Fibrocystic Breast

Puting Susu Terasa Gatal

Puting Susu Terasa Gatal
East Java

Dok, puting susu saya sudah sekitar 4 hari terasa gatal. Namun tidak ada gejala seperti keluar cairan, puting tertarik kedalam dan di palpasi jg tidak ada bebjolan. Jadi hanya gatal saja di pucuk puting. Kira-kira apa penyebab gatal ini Dok?

Answers

2 answers

  • Selamat pagi

    Perempuan memang dapat terserang gatal pada payudara, dan hal ini adalah biasa. 
    Munculnya gatal di payudara dapat terkait dengan fakttor serta pengaruh hormonal selama kehamilan atau menstruasi. 
    Kebersihan payudara dapat mempengaruhi rasa gatal, kulit kering dan pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan payudara gatal, seperti kasus alergi. 

    Hal yang dapat dilakukan sebaiknya sering mengganti bra, cuci dengan deterjen yang lembut, hindari pemakaian bra berenda, dan waspadai kulit yang kering. Selain itu pakailah ukuran bra yang sesuai, jangan terlalu ketat dan jagalah kelembaban. 

    Memang pada beberapa penelitian, rasa gatal pada payudara menjadi salah satu tanda awal kanker payudara, meskipun demikian, kanker payudara tidak sesederhana rasa gatal, biasanya disertai kelainan lain, walau bukan benjolan, misalnya puting yang luka, mengeluarkan cairan kemerahan, ditambah gejala lainnya seperti penurunan berat badan, peradangan daerah payudara, pembesaran kelenjar getah bening dan sebagainya.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga bermanfaat.

  • Selamat siang,

    Apakah ada bercak atau kelainan kulit pada payudara?

    Penyebab umum payudara terasa gatal adalah adanya kondisi atopic dermatitis atau eczema, yang merupakan kondisi kulit yang mengalami peradangan. Penyebab pasti dari timbulnya atopic dermatitis tidak diketahui, namun kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kulit kering, kulit gatal hingga ruam. Faktor lainnya yang mungkin menyebabkan timbulnya rasa gatal pada payudara ataupun pada puting payudara antara lain:

    1. Deterjen atau sabun pembersih yang digunakan untuk mencuci pakaian maupun pakain dalam.
    2. Adanya tambahan kandungan pewangi buatan yang bersentuhan dengan kulit.
    3. Kandungan dalam sabun mandi yang tidak cocok dengan kulit.
    4. Ketidakcocokan antara kulit payudara dengan serat kain wol.
    5. Kulit di payudara alergi terhadap bahan pakaian dalam Anda.

    Selain penyebab gatal yang berasal dari luar, kondisi ibu yang sedang hamil juga dapat menyebabkan payudara mengalami pembesaran. Kulit yang tertarik dan meregang dapat menyebabkan timbulnya gatal dan kulit pecah-pecah.

    Infeksi jaringan di payudara yang dikenal sebagai Mastitis dapat pula menyebabkan timbulnya gatal pada payudara dan puting. Kondisi ini paling berisiko dialami oleh ibu yang baru melahirkan dan sedang dalam masa menyusui.

    Meskipun jarang, terkadang rasa gatal yang timbul secara konstan pada payudara dan puting dapat menjadi indikasi adanya kondisi penyakit yang serius seperti kanker. Namun, biasanya kondisi gatal pada payudara yang harus diwaspadai adalah jenis yang ditemani pula dengan gejala puting yang tertarik ke dalam, payudara kemerahan, adanya benjolan, cairan yang keluar dari puting serta adanya perubahan abnormal pada puting maupun payudara.

    Sehingga dengan berbagai kemungkinan gatal pada payudara, sebaiknya ibu memeriksakan diri kedokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/article/mengatasi-gatal-pada-payudara

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu