Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Radang telinga

Radang telinga

Dok istri saya sedang asi bayi 2 bulan. Dia mengalami sakit di telinga dan bengkak disertai suara gemeletuk atau meletup2 dari dalamnya. Dokter puskesmas meresepkan ibuprofen dan dexa metason untuknya tapi sudah 3 hari tidak ada perubahan. Malah sekarang tenggorokannya ikut meradang dan agak sulit menelan. Apa yang terjafi pada istri saya dok? Perlukah dirujuk ke dokter tht? Penanganan apa yang bisa saya lakukan untuknya sebelum ke dokter? Bolehkah dibelikan obat tetes telinga? Terimakasih atas jawabannya dok.

Answers

2 answers

  • Selamat Malam

    Terima kasih atas pertanyaannya

    Nyeri pada telinga bisa disebabkan karena infeksi telinga bagian luar (otitis eksterna) atau infeksi telinga bagian tengah (otitis media). Harus diperhatikan gejala-gejala penyerta lain seperti : keluar cairan, berdenging, pendengaran berkurang, nyeri dibelakang telinga, batuk, pilek, dll

    Apabila istri Anda saat imi sedang dalam pengobatan oleh dokter, sebaiknya kontrol ulang ke dokter tersebut untuk penanganan selanjutnya.

    Penggunaan obat tetes telinga dilarang pada telinga yang gendang telinganya pecah, hingga dipastikan aman sebaiknya tunggu instruksi dari dokter sebelum pemakaian.

    Terima kasih telah menggunakan jasa Meetdoctor

  • Oh gitu dok. Terimakasih banyak atas waktunya mrnjawab pertanyaan saya dengan jelas. Sukses selalu Dokter Hazmi

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan