Profile
ADHD Dewasa

Sakit kepala dan badan setelah seminggu haid

Sakit kepala dan badan setelah seminggu haid

Dok saya mau tanya. Nma saya juliana umur 28.saya punya anak 1 Beberapa bulan ni saya sering sekali sakit kepala. Badan pegal dan mata dan telinga saya sakit seminggu setelah haid datang. Awal ya saya haid awal bulan. Tpi sdh 3bln ni saya dtg haid ya akhir bulan Pd saat haid akhir bln saya mengalama sakit kepala dan badan

Answers

1 answers

  • Selamat pagi.

    Nyeri kepala merupakan salah satu masalah yang sering menganggu aktivitas sehari-hari. Terdapat beberapa kemungkinan penyebab dari nyeri kepala:

    - Migrain, yaitu nyeri kepala dirasakan pada salah satu sisi kepala, berdenyut, dapat disertai keluhan mual, muntah, dan penglihatan silau atau sensitif bila mendsngar suara. Sering kali diperberat dengan aktivitas dan berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari. Migrain sering dicetuskan oleh hormonal (misalnya ketika menstruasi), makanan (seperti keju atau coklat), cahaya, alkohol, stress, bau menyengat (harum/busuk), ataupun suara bising.

    - Nyeri kepala kluster, yaitu nyeri kepala sebelah yang disertai dengan rasa sakit pada mata, disertai keluar air mata, hidung tersumbat atau berair. Sering kali sampai tidak dapat melakukan aktivitas. Umumnya dicetuskan oleh cahaya, kebiasaan merokok, cuaca panas, dan berada di tempat tinggi.

    - Nyeri kepala tegang, yaitu nyeri kepala seperti terikat, pada kedua sisi kepala, umumnya disebabkan oleh stress, kurang tidur, terlambat makan, ketegangan otot, dan postur tubuh yang tidak baik.

    - Glaukoma akut, yaitu ditandai dengan hilangnya penglihatan secara mendada disertai mata merah dan berair, nyeri kepala hebat pada sisi tersebut, mual, muntah. Sebelumnya memiliki riwayat kelainan refraksi mata, misalnya mata minus tinggi.

    - Sinusitis.

    - Tumor otak.

    - Stroke.

    - dll

    Beberapa anjuran untuk mengurangi keluhan nyeri kepala dan mencegah kekambuhan yaitu:
    ☆Hindari faktor pencetus, seperti:
    - Kelelahan
    - Stress psikis
    - Terlambat makan
    - Cuaca (kepanasan atau kedinginan)
    - Kurang tidur
    - Makanan (keju, coklat, es krim, dll)
    ☆Bila nyeri tidak tertahankan boleh minum obat pereda nyeri, seperti parasetamol atau ibuprofen
    ☆Atasi penyebab (obati sinusitis, tambal gigi yang berlubang, dll).

    Segera konsultasikan langsung ke dokter bila keluhan tidak kunjung membaik atau berulang terus-menerus agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar ADHD Dewasa ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu