Profile
Kesehatan Anak

Salep untuk flu singapore

Salep untuk flu singapore

Dok,,saaya mau tanyyma usia anak saya 1th terkena flu singapore,,tapi waktu periksa ke dsa tidak dikasih salep untuk bentolnya... Salep apa ya dok untuk bentolnya supaya cepat kerinh,,untuk sariawan nya juga..g mau minum susu dok

Answers

1 answers

  • Selamat sore,

    HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease) yang disebut juga dengan flu Singapura merupakan infeksi virus ringan yang sangat menular yang sering ditemukan ada anak-anak. Disebut HFMD karena gejalanya memang dapat dilihat pada ketiga bagian tubuh tersebut.

    Karena penyakit ini merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri (self limiting disease) maka tidak terdapat terapi yang spesifik. Berikut ini upaya yang dapat dilakukan :
    - Tingkatkan daya tahun tubuh anak dengan memberikan makan makanan yang bergizi dan banyak beristirahat.
    - Perbanyak asupan cairan untuk mencegah dehidrasi. Susu lebih dipilih daripada minuman yang bersifat asam seperti jus buah dan soda.
    - Utuk mengatasi gejala penyerta seperti demam dan nyeri yang ditimbulkan, dapat diberikan obat anti-piretik dan analgetik seperti parasetamol.
    - Untuk membantu mengatasi rasa nyeri di dalam mulut, penderita dapat minum air es, susu dingin, es krim baik yang berupa krim maupun batangan.
    -Jangan menggaruk bintil agar tidak pecah. Gunakan bedak / lotion gatal bila perlu.
    - Untuk membersihkan mulut, mengurangi nyeri dan peradangan, berkumurlah dengan air garam hangat beberapa kali sehari. Campurkan ½ sendok teh garam dengan 1 cangkir air hangat.
    - Makan makanan yang lembek yang tidak membutuhkan kunyahan seperti bubur.

    Semoga bermanfaat. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat