Profile
Kesehatan A-Z

Saluran Telinga Tersumbat

Saluran Telinga Tersumbat
Medan

Selamat malam dok, Dok, saya ingin bertanya apakah tersumbatnya saluran tuba telinga dapat mengakibatkan tinitus dengan frekuensi dengingan terus menerus tanpa henti? dan pengobatan apa yang dapat membantu?

Answers

1 answers

  • selamat malam

    Gejala telinga terasa penuh seperti tersumbat dapat disebabkan oleh gangguan pada tuba eustachius. Tuba eustachius adalah tuba atau saluran yang menghubungkan antara telinga tengah (bagian telinga di belakang gendang telinga) dan tenggorokan. Tuba eustachius ini berfungsi untuk menyesuaikan tekanan di dalam telinga tengah dengan dunia luar. Gangguan pada tuba eustachius seringkali tidak dapat terlihat dari pemeriksaan telinga. Gangguan pada tuba eustachius dapat memberikan gejala seperti:

    Telinga terasa penuh dan tersumbat
    Terdapat gangguan pendengaran, suara terdengar lebih tidak jelas
    Terdengar suara seperti gelembung udara yang pecah (popping sound)
    Nyeri pada satu atau kedua telinga
    Telinga berdenging (tinnitus)
    Gangguan keseimbangan
    Gejala-gejala tersebut dapat dirasakan semuanya dapat juga hanya beberapa.

    Gangguan pada tuba eustachius paling sering disebabkan oleh infeksi pada saluran nafas seperti selesma (common cold). Penyebab lainnya meliputi peradangan pada sinus atau sinusitis, alergi, pembesaran kelenjar adenoid (biasanya pada anak-anak), tumor pada nasofaring, atau defek genetik yang menyebabkan penyempitan tuba eustachius.

    Gejala-gejala gangguan pada tuba eustachius biasanya akan semakin diperberat dengan terjadinya perubahan ketinggian seperti mendaki gunung, naik pesawat, naik elevator, menyelam, dan lain-lain.

    Gangguan tuba eustachius biasanya dapat menghilang dengan sendirinya tanpa memerlukan terapi khusus. Gejala yang ringan dapat diatasi dengan cara-cara berikut:

    mengunyah permen karet
    menelan ludah
    menguap
    bernafas dari hidung dengan mulut tertutup
    menggunakan semprot hidung dengan cairan saline (garam fisiologis) untuk membantu membersihkan jalan nafas
    anda juga dapat menggunakan obat-obatan antihistamin dan dekongestan untuk mengurangi sumbatan yang terjadi
    Bila terdapat nyeri pada telinga, anda juga dapat menggunakan obat seperti parasetamol atau ibuprofen untuk mengurangi nyeri

    Bila gejala menetap hingga 2 minggu, sebaiknya anda memeriksakan diri kembali ke dokter THT.

    sekian semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan