Profile
Hamil

Saya hamil tapi selalu keluar darah

Saya hamil tapi selalu keluar darah

Malm bund.. Nama saya Syifa sya ingin bertanya saya telat haid sudah 2 minggu tetapi selalu kluar flek beserta darah yg cukup lumayan banyak dan sya pun lngsung cek ke bidan dan hasilnya pun trdapat kantung rahim brarti saya hamil tetapi selalu keluar flek beserta darah itu cukup lama sampai 1 minggu setelah usg itu selalu keluar.mohon di jawab ya bund apa ini normal apa saya keguguran??

Answers

1 answers

  • Selamat malam,

    Jika memang saat ini kondisi Ibu sedang hamil, maka ada beberapa kemungkinan penyebab dari keluarnya darah flek tsb, antara lain:

    Sisa darah haid. Jadi bisa saja darah tersebut merupakan sisa darah haid yang sudah membeku atau menggumpal yang tidak keluar sempurna saat periode haid terakhir Ibu.
    Flek Fisiologis. Jadi bisa saja ini merupakan darah yang secara normal keluar. Jadi saat terjadi pembuahan dan sudah terbentuk embrio, maka saat embrio tsb menempel ke dinding rahim (berimplantasi), dapat mencetuskan keluarnya darah seperti menstruasi. Ini wajar dan normal.
    Perubahan hormonal. Pada awal kehamilan terjadi banyak perubahan hormonal. Perubahan hormonal ini merupakan cara tubuh untuk menyesuaikan diri pada kondisi baru demi mendukung kehamilan. Perubahan hormonal ini sering terjadi pada hamil muda dan dapat mengakibatkan perdarahan minimal (spotting).
    Keguguran. Ini mungkin saja terjadi mengingat kehamilan muda adalah kehamilan yang relatif rapuh, namun untuk menegakkan diagnosis ini harus melalui pemeriksaan USG yang komprehensif.

    Menemukan gestational sac (kantung kehamilan) memang tidak mudah, apalagi pada usia kehamilan yang masih sangat muda, mengingat strukturnya amat kecil. Jadi, saran saya Ibu mengikuti saran dari dokter kandungan untuk melakukan USG kembali, dengan hal ini bisa dipastikan apakah kehamilan berjalan semestinya atau tidak.

    Beberapa hal yang saya sarankan:

    Selama masih sering spotting, sebaiknya Ibu istirahat total terlebih dahulu
    Jika flek yang keluar sangat banyak, silakan langsung menghubungi dokter
    Makan-makanan yang bergizi, tidak ada pantangan terhadap makanan tertentu. Kecuali jika Ibu pada dasarnya memiliki sakit maag, maka makanan-makanan yang dapat mengiritasi lambung sebaiknya dihindari, seperti makanan pedas, asam, kecut, santan, kopi, dan teh.
    Banyak minum, minimal 2 liter per hari
    Kelola stres dengan baik

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA Kehamilan momen yang rentan bagi wanita, karena itu ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat Antibiotik pada Kehamilan